Walaupun memang kedua unsur advertising dan marketing saling berkaitan, hal tersebut tidak membuat keduanya sama persis. Ditambah lagi, setiap orang pasti akan membutuhkan advertising dan marketing untuk dapat terus mengembangkan bisnis kedepannya. Karena dapat dikatakan, keduanya termasuk hal yang tidak bisa dipisahkan kapanpun itu. Lantas, apa perbedaan dari advertising dan marketing tersebut? Berikut ulasannya,
Pengertian Advertising dan Marketing
Pengertian Advertising
Advertising adalah upaya dalam menarik perhatian customer melalui pesan persuasif dalam bentuk gambar, tulisan, sampai video. Dan secara umum, Advertising sendiri adalah salah satu bagian dari proses marketing. Biasanya iklan akan bersifat persuasif dikarenakan supaya customer akan melihat iklan dan kemudian mengambil tindakan mengenai produk maupun layanan yang ditawarkan. Media yang sangat sering digunakan adalah televisi, koran, billboard, serta yang paling populer sekarang ini adalah online advertising.
Pengertian Marketing
Marketing adalah suatu proses untuk membangun hubungan antara perusahaan bisnis dengan audiens supaya bisa meraih tujuan yang diharapkan sebelumnya. Dan hal ini biasanya akan dilakukan dengan promosi. Untuk tahapannya dimulai dengan perusahaan bisnis yang memperkenalkan produk maupun jasanya ke audiens, lalu akan melakukan penelitian pasar serta membuat strategi khusus agar dapat meraih target market yang sudah didapat sebelumnya. Semua hal tersebut nantinya dapat langsung ditangani oleh tim marketing, dan tim tersebut juga dapat dipecah ke beberapa bidang seperti market analyst, market research sampai content marketing.
Baca juga: 7 Langkah Memulai Bisnis dengan Digital Marketing
Perbedaan Advertising dan Marketing
Setelah mengetahui pengertian dari keduanya, anda pun juga harus mengetahui beberapa aspek perbedaan dari advertising dan marketing. Berikut ulasannya,
Perbedaan | Advertising |
Marketing |
Tujuan dan Tanggung Jawab |
|
|
A. Tujuan dan Tanggung Jawab
Perbedaan dari keduanya yang cukup menonjol adalah tujuan serta tanggung jawabnya. Dan seperti yang sudah dijelaskan di atas tujuan utama dari marketing adalah untuk meneliti pasar serta menentukan target pasar yang tepat supaya bisa melakukan pemasaran dengan lebih efektif. Selain itu, beberapa tanggung jawab dari Marketing tersebut adalah,
- Melakukan penelitian Market agar bisa menentukan target pasar.
- Menyampaikan hasil analisa kepada tim advertising serta sales
- Mengawasi semua pendekatan marketing
Dan hal ini tentu berbeda dengan advertising yang tugas utamanya adalah untuk melaksanakan strategi pemasaran dengan mulai membuat iklan promosi dengan bentuk tulisan, gambar, maupun video. Lalu, beberapa tanggung jawab bagi seseorang yang menjalankan Advertising adalah,
- Membuat desain iklan yang menarik
- Desain iklan dapat berupa desain gambar atau video marketing.
- Membuat storyboard maupun proposal untuk iklan promosi
- Mencari ide-ide maupun tagline yang menarik untuk digunakan pada iklan
Advertising wajib memahami dan mengetahui cara membuat iklan yang lebih persuasif.
B. Skill
Skill yang dibutuhkan saat melakukan advertising dan marketing tentu mempunyai perbedaan satu sama lain. Karena Marketing biasanya akan lebih memahami produk maupun jasa dari perspektif bisnis. Yang berarti marketing akan lebih fokus kepada strategi yang digunakan supaya iklan mendapat jumlah pengunjung yang banyak. Berikut adalah beberapa skill yang akan membantu anda saat melakukan marketing nanti,
- Keterampilan Menganalisis
- Keahlian dalam bisnis serta keuangan
- Kemampuan dalam Riset
Dan beberapa hal tentang marketing tersebut tentunya cukup berbeda dengan advertising. Karena yang satu ini lebih cenderung memahami lebih dalam mengenai prosuk maupun jenis pelanggan mana yang akan didekati. Lalu, advertising akan membuat iklan yang sesuai dengan produk serta target market yang akan dituju. Beberapa skill yang membantu anda dalam advertising yaitu,
- Kreativitas yang cukup Tinggi
- Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
- Dan memiliki skill-skill teknis lain
Perbedaan | Advertising |
Marketing |
Skill | Kreativitas, Komunikasi yang baik, dan memiliki skill teknis lain. | Keterampilan Menganalisis, Keahlian berbisnis serta keuangan, dan Kemampuan Riset. |
C. Strategi
Tiap hal yang dilakukan tentu harus dimulai dengan strategi yang matang. Termasuk advertising dan marketing ini yang mempunyai beberapa strateginya masing-masing. Untuk strategi pemasaran akan dibagi menjadi empat tahap, atau biasa sering disebut sebagai 4P, yaitu: Product, Price, Place, dan Promotion.
- Product (produk)
Hal ini akan mengacu ke produk serta jasa yang akan diiklankan untuk bisa memenuhi permintaan konsumen. Strategi ini dapat mencakup tentang kebutuhan saat ini maupun kebutuhan yang tidak diketahui.
- Price (harga)
Tentunya menetapkan harga yang tepat sangat penting untuk kesuksesan bisnis ada. Dan ada beberapa hal yang akan menentukan besaran harga, misalnya margin, nilai keuntungan, sampai faktor ynag menentukan konsumen untuk membeli atau tidaknya produk serta jasa anda.
- Place (tempat)
Place atau tempat adalah salah satu strategi yang terlibat ketika mempertimbangkan strategi, misalnya adalah mendistribusi produk dengan selektif dan eksklusif serta waralaba. Tempat juga maksudnya bisa berarti outlet fisik atau media penjualan online.
- Promotion (Promosi)
Semua komunikasi yang digunakan bran untuk menyampaikan pesan mengenai produk dan layanan.
Sedangkan beberapa strategi untuk advertising yaitu,
- Mentargetkan audiens
Anda haruslah dapat menciptakan profil audiens target yang akurat berdasarkan data yang sedang anda kumpulkan. Dan dengan hal ini andapun bisa membuat kampanye dengan menargetkannya supaya dapat menarik minat banyak audiens. Melakukan advertising secara online maupun offline, pastikan Anda merefleksikan jenis pelanggan yang Anda ingin ajak kerja sama. Dan kuncinya adalah menargetkannya dengan baik.
- Mengukur Iklan
Karena cukup banyak bisnis baru yang belum mengetahui advertising apa yang cocok dan efektif bagi mereka, bukan berarti anda harus menguji dan bereksperimen sebanyak mungkin. Hal itu karena akan membutuhkan waktu supaya anda bisa menciptakan iklan sesuai dengan target audiens yang dituju.
- Branding dengan lebih Baik
Dengan bersabar dan terus melakukan branding serta mengimprovenya, anda akan bisa membuat customer lebih cepat mengidentifikasi serta merespon layout iklan yang dibuat. Dan nantinya akan sering muncul perasaaan untuk mengubah branding Anda setiap kali membuat iklan baru, hal ini tentu dapat membuat pelanggan bingung serta tidak efektif dalam jangka waktu yang cukup lama. Jadi, walaupun anda bisa sering mengimprove branding yang dilakukan, tetaplah melakukan branding dengan baik dan tetap pada citra yang sudah ada.
Perbedaan | Advertising |
Marketing |
Strategi |
|
|
Tentunya advertising dan marketing adalah hal yang cukup berbeda, tetapi keduanya sangat berguna bagi bisnis anda. Dan bagi Anda yang kebingungan mengatur semuanya, Anda dapat menggunakan jasa agency digital marketing terbaik agar dapat membantu Anda mengembangan bisnis yang Anda miliki. Jasa agency digital marketing biasanya memiliki beragam paket digital marketing yang dapat Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan marketing bisnis Anda. Sehingga Anda tidak perlu kebingungan untuk mengatur permasalahan digital marketing pada bisnis Anda.