Pentingnya Technical SEO Agar Website Lebih Efektif

mengenal optimasi technical seo

Menurut SEMrush, banyak situs website yang masih bermasalah dengan teknis SEO. Padahal teknis SEO itu sendiri merupakan praktek terbaik untuk melakukan teknis audit SEO secara mendalam dan teratur, di situs web Anda. Technical SEO berguna untuk memastikan bahwa mesin pencari dapat mengindeks halaman website Anda tanpa hambatan apapun. Sehingga memiliki peran besar dalam meningkatkan peringkat website Anda. Lalu apa yang dimaksud dengan technical SEO dan bagaimana manfaatnya untuk sebuah website?

Apa itu Technical SEO?

Seperti kita tahu bahwa ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi peringkat sebuah website di mesin pencari. Salah satu faktor tersebut adalah technical SEO. Technical SEO adalah pengoptimalan berbagai aspek teknis sebuah website untuk meningkatkan peringkat halamannya di mesin pencari. Pengoptimalan teknis SEO ini dapat berupa membuat website menjadi lebih cepat, lebih mudah dipahami dan terindeks oleh mesin pencari. 

Teknis SEO merupakan bagian dari SEO On Page, yang berfokus pada peningkatan elemen-elemen website untuk mendapatkan peringkat yang lebih tinggi. Jadi teknis SEO tidak berkaitan langsung dengan keyword, tapi dengan segala elemen teknis di sebuah website. Konten website yang baik harus dilengkapi dengan dasar technical SEO yang kuat. Kesalahan SEO dapat berdampak buruk bagi bisnis Anda, sehingga Anda harus memastikan seluruh aspek teknisnya secara tepat.

Mengoptimalkan Technical SEO dengan Baik

Penyiapan SEO teknis yang tepat dapat membantu mesin pencari memahami website Anda. Untuk membantu mengoptimalkan SEO teknis pada website Anda, ketahui beberapa elemen technical SEO berikut untuk mempermudah Anda. 

1. Kecepatan memuat halaman website

Seberapa cepat halaman website dapat dimuat akan mempengaruhi pengalaman pengunjung. Menurut penelitian, seharusnya halaman web dapat terbuka dalam waktu kurang dari tiga detik. Lebih dari itu pengguna bisa batal membuka halaman website Anda dan pergi ke halaman website yang lainnya. Begitu pula dengan mesin pencari, mereka tahu halaman website yang lambat akan memberikan pengalaman pengunjung yang kurang optimal. Oleh karena itu, mesin pencari lebih memilih halaman website yang memuat lebih cepat. Halaman website yang memuat lebih cepat juga akan menghasilkan traffic yang lebih banyak.

Baca juga: Lakukan 6 Hal Berikut Untuk Mengatasi Website Lambat Ketika Diakses

2. Mudah di-crawl dan index mesin pencari

Crawling dan indexing merupakan dua faktor penting dalam optimasi SEO teknis. Jika mesin pencari tidak dapat melakukan crawl dan index pada website Anda, maka konten-konten yang Anda buat tidak akan muncul di halaman hasil pencarian mesin pencari. 

Maka untuk membuat website Anda dapat di-crawl dan diindex, Anda perlu setidaknya mendaftarkan XML sitemap Anda ke Google Search Console. Google Search Console membantu Anda untuk memonitor kinerja website.Dengan begitu, Anda dapat melihat seberapa sering Googlebot meng-crawling ke website Anda, memasukkan sitemaps, serta memperbaiki apabila ada proses crawl yang error.

3. Meminimalisir keberadaan dead link

Apa yang lebih mengganggu pengunjung daripada halaman yang dimuat lambat? Jawabannya adalah dead link. Dead link adalah tautan yang mengarah ke halaman yang tidak ada di website Anda. Biasanya halaman tersebut telah dipindahkan atau dihapus. Jadi ketika pengunjung mengunjungi halaman tersebut, maka kode kesalahan error 404-lah yang muncul. Ketika pengguna tidak menemukan, terlebih lagi mesin pencari. Mesin pencari tidak suka menemukan halaman kesalahan atau dead link ini. Untuk menghindari dead link, pastikan Anda selalu mengarahkan ulang URL halaman saat Anda menghapus atau memindahkannya.  

4. Tidak Membuat Konten Duplikat

Jika Anda memiliki konten yang sama di beberapa halaman website atau bahkan di website lain, mesin pencari akan bingung. Jika halaman-halaman yang mereka temui menampilkan konten yang sama, mana yang harus diberi peringkat tinggi, mana yang rendah. Akibatnya mesin pencari menjadi bingung dan mereka mungkin akan memberi peringkat lebih rendah pada semua halaman yang memiliki konten yang sama. Masalah duplikat konten ini mungkin tidak Anda sadari, tapi jangan pernah sepelekan duplikasi konten ini. Karena duplikasi konten merupakan salah satu faktor kegagalan teknis SEO. Untuk mengeceknya, Anda dapat menggunakan Google Search Console dan juga Ahrefs.

5. Keamanan website yang terjamin

Website yang dioptimalkan dengan teknis SEO merupakan website yang aman bagi pengguna untuk menjamin privasi pengguna dan ini merupakan persyaratan dasar. Salah satu cara untuk menerapkan keamanan website adalah dengan menggunakan HTTPS. HTTPS memastikan tidak ada yang dapat mencegat data yang dikirimkan antara browser dan website. Jadi, ketika ada orang asing yang masuk ke website Anda, kredensial pengguna tetaplah aman. Anda memerlukan sertifikat SSL untuk dapat menerapkan HTTPS di website Anda.

Baca juga: Perbedaan Antara HTTP dan HTTPS Yang Wajib Diketahui

6. Memiliki data yang terstruktur

Data yang terstruktur dapat membantu mesin pencari memahami website, konten, bahkan niche bisnis Anda dengan lebih baik. Dengan data terstruktur juga Anda dapat memberitahu mesin pencari jenis produk apa yang Anda jual di website Anda. Sehingga mesin pencari dapat dengan mudah menempatkan konten Anda dalam hasil pencarian pengguna yang lebih relevan.

Baca juga: Perbedaan Teknik SEO On Page dan SEO Off Page

Intinya adalah technical SEO merupakan proses pengoptimalan website dan server agar mudah ditemukan oleh mesin pencari. Agar SEO teknis efektif untuk website, Anda harus mengetahui bagaimana memahami cara kerja website Anda dan pelajari lebih lanjut tentang 6 poin di atas. Tujuan utama SEO adalah meningkatkan pengalaman pengguna dan kemudian memperoleh posisi teratas di halaman hasil pencarian. Maka salah satu caranya adalah dengan melakukan berbagai macam strategi SEO dan SEO teknis seperti ini. Meski SEO teknis bukanlah segalanya, namun jika SEO teknis Anda on point maka segalanya akan lebih mudah.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?