Cara Bisnis UMKM Bertahan di Tengah Pandemi Corona

UMKM Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Bagaimana Cara Bisnis UMKM Bertahan di Tengah Pandemi Corona?

Benarkah bahwa Pandemi membuat beberapa sektor bisnis berhenti beroperasi? Tentu saja. Karena keterbatasan akses untuk berada di luar rumah, akan menghambat proses produksi hingga distribusi. Hal ini jauh lebih berdampak pada bisnis ritel yang biasa memasarkan produknya secara offline. Adanya keputusan untuk #dirumahaja dalam beberapa waktu membuat bisnis ini terpaksa mandek sepenuhnya.

Pertanyaannya,  apakah tidak ada cara untuk membantu bisnis UMKM bertahan di Tengah Pandemi Corona?

Sebenarnya, ada cara yang kami rangkum untuk membantu para pelaku bisnis UMKM bertahan di tengah pandemi corona. Apalagi di tengah kondisi seperti ini. Yaitu dengan mengupgrade bisnis Anda untuk Go Digital.

Apa itu Bisnis Go Digital?

Bisnis Go Digital adalah bisnis yang melakukan pemasaran bahkan transaksi dengan memanfaatkan media online. Keunggulan bisnis Go Digital adalah di kemudahan aksesnya dan hematnya biaya pemasaran. Apalagi jika dalam kondisi seperti ini dimana semua orang tidak bisa bebas untuk keluar dari rumah.

Dengan cara ini, otomatis Anda tetap bisa menjalankan bisnis tanpa harus melanggar peraturan pemerintah untuk tetap diam di rumah selama Pandemi berlangsung. Cara ini juga sangat memudahkan pelanggan yang membutuhkan jasa dari bisnis Anda tanpa harus keluar rumah.

UMKM Bertahan di Tengah Pandemi Corona

Siapa saja yang bisa untuk memulai Bisnis Go Digital?

Jawabannya adalah Semua!. Semua bisnis UMKM bisa untuk memulai mendigitalkan bisnis nya. Anda hanya perlu menggali lebih dalam bagian mana bisnis Anda yang bisa didigitalkan.

Karena pada dasarnya semua jenis bisnis bisa untuk memulai Go Digital, Tinggal bagaimana Anda bisa melihat celah mana dari bisnis Anda yang bisa memakai sistem Go Digital. Terlebih di masa modern ini, semua orang menginginkan sesuatu yang bisa mereka dapatkan dengan lebih mudah. Sehingga Go Digital sepertinya bukan lagi pilihan namun sudah menjadi kewajiban yang perlu Anda lakukan agar bisnis Anda tidak terlupakan

Bagaimana Cara Bisnis Memulai Go Digital?

Hal pertama dan paling mudah yang bisa Anda lakukan untuk memulai mendigitalkan bsinis Anda adalah 2 hal berikut

  • Tawarkan Produk/Jasa dalam bentuk online

Misal : Jika Anda menjalankan bisnis berbasis layanan seperti restoran atau salon, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk menawarkan penjualan online sertifikat hadiah. Dorong pelanggan Anda untuk membeli sertifikat sekarang, sehingga mereka dapat memperlakukan diri mereka sendiri dan menebusnya ketika wabah virus telah melambat dan masa karantina mereka berakhir. Ini dapat membantu mempertahankan penjualan untuk Anda, sambil memberi pelanggan Anda sesuatu yang menyenangkan dan menarik untuk dinanti.

  • Fokus pada melayani pelanggan Anda melalui saluran digital

Media sosial adalah tempat yang baik untuk memulai, karena Anda dapat menawarkan opsi untuk mengobrol melalui Facebook Messenger, WhatsApp, dan platform pengiriman pesan instan lainnya. Anda juga dapat menawarkan opsi konferensi video melalui Skype atau FaceTime, sehingga pelanggan Anda dapat merasakan “tatap muka” tanpa benar-benar hadir secara langsung.

Setidaknya, ada 6 hal lain yang perlu dilakukan oleh para pebisnis untuk bisa tetap mempertahankan bisnis nya di tengah pandemi. 6 Tahapan tersebut akan kami bahas secara detail beserta rincian langkah apa saja yang harus Anda lakukan dalam eBook  Cara Bisnis UMKM bisa bertahan di tengah Pandemi Corona. Untuk mendapatkannya, Anda bisa langsung mengisi data diri Anda pada form berikut dan langsung mendownload eBook tersebut GRATIS.

Dengan keenam tahapan di atas, maka bisnis Anda sudah tergolong ke dalam bisnis yang Go Digital. Itu artinya, Anda tetap bisa menjalankan kegiatan operasional bisnis walaupun dalam kondisi lockdown karena menggunakan media online yang tidak mengharuskan adanya pertemuan tatap muka secara langsung.

Bagaimana? Tertarik untuk Mendigitalkan bisnis Anda?

View this post on Instagram

A post shared by DIFITECH | Digital Marketing (@_difitech) on

Isi Form di bawah ini untuk mendapatkan Ebook Gratis!