5 Tips Membuat Strategi Content Marketing

Tips Membuat Strategi Content Marketing

Tips Membuat Strategi Content Marketing. Sekedar menjalankan content marketing tidak akan membawa brand Anda pada berbagai keuntungan yang dijanjikannya. Butuh perencanaan strategi yang matang agar usaha content marketing Anda berjalan secara efektif dan efisien. Berikut langkah menyusun strategi content marketing.

1# Menentukan SMART Goals

Langkah pertama yang harus dilakukan dalam membuat strategi pemasaran menggunakan konten adalah menentukan SMART goals. Teknik yang diperkenalkan oleh George T. Doran ini merupakan singkatan dari specific, measurable, attainable, relevant, and time-bound.

Strategi ini harus dibuat secara spesifik karena berfungsi sebagai pelengkap tujuan pemasaran dan visi bisnis, yaitu sebagai berikut:

  1. Specific (spesifik).  Konten yang dibuat harus spesifik. Tujuannya adalah untuk mendapatkan gambaran jelas dan tidak ambigu. Tujuan yang jelas dan spesifik mempunyai kesempatan sukses yang lebih besar. Ada 5 pertanyaan yang perlu diingat ketika membuat tujuan spesifik yaitu : What, When, Where, Why, Who.
  2. Measurable (terukur). Target pembuatan konten marketing harus terukur dengan jelas. Keterukuran ditandai dengan adanya indikator-indikator. Misalnya siapa target audience. Jika sudah tahu siapa yang akan menjadi target audiens, Anda bisa membuat berbagai jenis konten yang sesuai untuk menjangkau mereka.
  3. Attainable (dapat tercapai). Ketika Anda membuat strategi konten baik itu di media sosial ataupun platform lainnya, pastikan target yang dibuat realistis. Target yang dibuat harus menyesuaikan dengan kemampuan, budget, dan performa tim.
  4. Relevant (relevan). Jika Anda sudah mengetahui target pasar, konten tersebut harus relevan dan berkualitas. Semakin relevan dan berkualitas konten tersebut, maka audiens Anda akan semakin mudah mengingat dan mencerna konten dan brand Anda.
  5. Timely (rentang waktu). Target yang ingin dicapai juga harus memiliki waktu mulai dan selesai (deadline). Penyelesaian sesuai dengan tenggat waktu berguna untuk mengukur tingkat keberhasilan dan efektivitas strategi yang dibuat.
Baca Juga :   5 Prediksi Tren Digital Marketing di Tahun 2024

2# Menentukan KPI

KPI atau Key Performance Indicator merupakan indikator angka yang diukur dan dianalisis dalam suatu periode tertentu. Tujuannya adalah untuk memantu efektivitas strategi content marketing yang digunakan.

Sebagai contoh, jika salah satu SMART Goals Anda adalah meningkatkan brand awareness, Anda bisa mengukurnya melalui indikator-indikator seperti web traffic, followers di media sosial, ataupun jumlah impression iklan Anda.

Teknis real-nya bisa saja dalam waktu 6 bulan Anda membuat target pelaksanaan KPI berupa pembenahan 10 landing pages, membuat 25 konten blog, 10 juta impresi, 30 konten media sosial, dan 4 email marketing setiap bulannya. Strategi yang telah diaplikasikan ini nantinya dapat diperbaiki apabila angka KPI tidak sesuai dengan target yang diinginkan.

3# Menentukan Tipe Konten

Pastikan Anda membuat tipe konten yang sesuai dengan target pasar. Anda bisa memulainya dengan membuat berbagai rumusan pertanyaan. Tujuannya adalah untuk mempersempit topik konten dan jenis konten sehingga dapat menyasar target audiens secara efektif.

Rumusan pertanyaannya dalam menentukan tipe konten dapat berupa:

  1. Apa yang mereka butuhkan dari Anda?
  2. Tantangan apa yang ingin mereka selesaikan atau atasi?
  3. Mengapa mereka membutuhkan produk atau layanan Anda?
  4. Bagaimana Anda dapat membantu mereka sukses?
  5. Di mana mereka menghabiskan waktu?

4# Menentukan Content Channels

Menentukan content channels adalah langkah selanjutnya dalam mengaplikasikan strategi content marketing. Setelah memilih dan memutuskan jenis konten, pilihlah channel yang spesifik untuk membuat dan membagikan konten.

Pastikan konten yang dibuat jelas, karena setiap channel memiliki karakteristik tersendiri. Misalnya, Instagram merupakan tempat yang baik untuk berbagi foto dan video, sedangkan LinkedIn dan Twitter cocok untuk membagikan content tulisan.

5# Menentukan Budget

Menghitung pengeluaran sangat dibutuhkan saat akan memulai content marketing. Oleh karena itu, tentukanlah budget yang akan dikeluarkan. Sebelum menentukan anggaran, pertimbangkan jenis konten, KPI, dan channel yang akan digunakan.

Baca Juga :   5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Iklan

Selain itu, Anda juga harus memperhitungkan pengeluaran lain, seperti anggaran untuk membeli kamera berkualitas beserta software desain grafisnya, misalnya Canva atau Adobe Photoshop. Jangan lupa untuk menyiapkan budget untuk content creator, beserta budget beriklan.

6# Membuat dan Mendistribusikan Konten

Buatlah konten yang bermanfaat bagi target audiens agar mereka mendapat manfaat dari konten Anda.

Pada media sosial, agar konten dapat dibagikan kepada pelanggan secara berkala dan otomatis, gunakanlah kalender medial sosial atau kalender konten editorial untuk membantu Anda menjadwalkan dan mengoptimalkan upaya pendistribusian konten Anda.

7# Memantau dan Menganalisis Konten

Langkah terakhir dalam strategi ini adalah melakukan pemantauan dan analisis konten. Tujuannya adalah untuk melihat tingkat keberhasilan strategi content marketing Anda. Pemantauan dan analisis juga diperlukan untuk memperbaiki dan meningkatkan strategi konten agar dapat menjangkau target audiens dengan lebih baik.

Untuk melihat keberhasilan strategi yang digunakan, lakukan pemantauan pada SMART goals dan KPI. Lihat apakah target sudah tercapai atau tidak. Jika belum, Anda harus memperbaiki atau mengubah strategi content marketing.

Konklusi

Demikian penjelasan singkat mengenai apa itu content marketing, tujuan content marketing, dan cara mulai membuat  strategi content marketing. Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, Anda bisa mencapai target audience yang telah ditentukan serta meningkatkan konversi.

Jika masih bingung cara mengikuti langkah-langkahnya, Anda bisa menghubungi Difitech. Kami akan membantu Anda merencanakan content marketing secara efektif dan sesuai dengan tujuan bisnis.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Social Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?