Strategi Content Marketing Bisnis B2B Supaya Brand Bisnis Kamu Tepat Sasaran

Strategi Content Marketing Bisnis B2B

Strategi Content Marketing Untuk Bisnis B2B. Sebagai seorang pebisnis kamu wajib mengetahui strategi pemasaran tepat sasaran untuk meningkatkan penjualan atau menarik pelanggan sebanyak-banyaknya. Artikel ini akan membahas salah satu strategi pemasaran yaitu content marketing, khusus bagi bisnis B2B. Simak lebih lanjut apa itu B2B marketing dan dapatkan tips content marketing B2B supaya bran bisnis kamu tepat sasaran!

Apa itu Bisnis B2B?

Bisnis B2B adalah istilah yang digunakan untuk transaksi komersial antara pelaku bisnis, yaitu antara perusahaan perakitan/ produksi dan perusahaan distribusinya. Selain jenis B2B ada beberapa jenis istilah bisnis sejenis lainnya seperti B2C dan C2C.

Ketahui lebih lanjut soal kedua jenis bisnis tersebut sekaligus mendalami e-commerce dengan membaca panduan lengkap e-commerce yang kami buat sebelumnya.

Apa itu Content Marketing?

Content Marketing itu sendiri adalah salah satu strategi pemasaran dimana Anda sebagai pebisnis melakukan perencanaan dan mendistribusikan konten (bisa berupa gambar, video, tulisan pada blog, dsb) untuk menarik audiens yang tepat sasaran, kemudian mendorong audiens tersebut untuk menjadi customer/ pelanggan Anda.

Jadi, bila disimpulkan sebenarnya ada 2 tujuan dari content marketing yang kamu lakukan!

Menarik orang-orang untuk mengenal bisnis Anda (produk/jasa, keunggulannya, dsb)

Mendorong orang-orang untuk jadi pelanggan (hingga melakukan transaksi berulang)

Strategi Content Marketing Bisnis B2B dengan Contohnya

Berikut ini tips content marketing B2B dengan contohnya untuk kamu:

Ciptakan Konten Menarik bagi Audiens Kamu Lewat Newsletter

Jika Anda membagikan newsletter bagi subscriber Anda, usahakan agar newsletter tersebut menarik. Jika Anda sedang cari inspirasi, berikut ada beberapa contoh konten di newsletter yang menarik untuk Anda ikuti polanya.

Edukasi Audiens Kamu

Khalayak sangat suka menyelami arus informasi di internet pada era digital ini, apalagi bila topik-topik konten yang Anda berikan berkaitan dengan profesi atau kesukaan mereka. Jadi, cobalah menciptakan konten yang edukatif atau informatif bagi audiens kamu.

Baca Juga :   Mengatasi Kesalahan Umum dalam Edit Foto Produk untuk Meningkatkan Bisnismu

Misal, Difitech sebagai Digital Marketing Agency & IT Solution. Maka, konten kami harus selaras dengan visi yang kami percaya. Kami juga membuat konten artikel informatif terkait tren-tren strategi bisnis terkini pada blog kami.

Tambahi Keragaman Jenis Saluran Media dari Konten Kamu

Cobalah untuk tidak berpatok pada teks saja ketika Anda sedang membuat konten bagi audiens kamu. Apalagi kini, orang-orang lebih berminat pada jenis konten visual dibanding verbal.

Pastikan juga topik kamu sesuai dengan peminatan calon customer potensia Kamu. Tentunya kamu tak mau menarik orang tanpa target konversi yang terpenuhi. Terakhir, jangan lupa untuk publikasikan kembali di saluran media/ sosmed lainnya dari brand Anda.

Kategorikan Buyer Persona Anda dan Kelola Beragam Persona Itu

Ketika memulai bisnis, Anda tentunya sudah mencoba membuat gambaran siapa calon pembeli Anda. Inilah yang disebut dengan Buyer Persona. Cobalah untuk mengkategorikan berbagai macam jenis buyer persona Anda. Misal, Anda bergerak di bisnis penyewaan tempat kerja bersama atau coworking space. Maka calon customer Anda bisa terdiri dari pebisnis, mahasiswa dan freelancer.

Nah, dengan 3 jenis buyer persona tersebut cobalah untuk membuat konten yang terkait dengan bidang mereka. Jangan hanya berfokus pada salah satu kategori buyer saja. Untuk pengiriman newsletter, coba untuk mengirimkan konten berbeda yang terasa lebih personal ke berbagai kategori tersebut. Hal ini tentunya akan menjadikan marketing campaign kamu tepat sasaran.

Tunjukkan Siapa Saja yang Menjadi Inspirasi Bisnis Kamu

Berkembanglah bersama dengan audiens/customer Kamu. Cobalah membagikan konten yang inspiratif dengan membahas tokoh-tokoh sukses terkait bidang peminatan audiens Kamu. Kamu juga bisa membahas kisah kesuksesan kamu sendiri dengan meminjam juru bicara.

Baca Juga :   Mengenal Search Intent Supaya Cara Menulis Konten Yang Lebih SEO Friendly

Maksud kami adalah, kamu perlu pihak ketiga atau orang lain yang membicarakan kesuksesan kamu. Kamu bisa saja mengundang media untuk mempublikasikan kisah kamu dibidang Strategi Marketing.

Atau, bila Anda tak memiliki akses tersebut, gunakanlah customer kamu yang tentunya akan merasa senang jika diminta testimoni terkait jasa/produk kamu. Ini juga membuat pelanggan lama kamu semakin loyal.

Ciptakan Konten yang Mengundang Interaksi

Tips terakhir ini sebenarnya justru yang paling penting. Jika konten kamu sudah menarik namun tidak menghasilkan banyak interaksi/ engagement. 

Dalam hal ini kamu perlu memikirkan lagi apa ada yang salah. Apakah tidak sesuai dengan karakter buyer persona Anda atau memang perlu dukungan strategi marketing lainnya.

Penutup

Tips-tips di atas dibuat khusus bagi kamu para pengusaha B2B yang ingin sukses secara online. Sebagai penyedia web hosting dan vps murah yang telah bersertifikat internasional, kami memang berkomitmen untuk mensukseskan Anda secara online.

Dengan memiliki wawasan seputar strategi Content Marketing Bisnis B2B, konten-konten sosial media mu dijamin akan lebih engage dan sesuai dengan target audiens, brand awarenessmu meningkat, serta peluang penjualan produk juga meningkat.

Atau jika kamu masih bingung cara memanfaatkan stratengi Content Marketing Bisnis B2B?

Tenang…

Difitech sebagai Digital Marketing Agency & IT Solution juga Menyediakan layanan jasa digital marketing dan solusi IT. Berpengalaman dengan berbagai perusahaan skala kecil hingga besar Nasional maupun Internasional. Tingkatkan strategi Content Marketing Bisnis B2B Usaha Kamu Bersama Kami

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Social Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?