Video Marketing: Pengertian, Jenis, dan 3 Alasan Kemunculan!

Influencer Membuat Video Marketing

Strategi pemasaran saat ini semakin beragam. Strategi pemasaran digunakan untuk mempromosikan produk maupun jasa. Salah satu bentuk strategi pemasaran masa kini yakni video marketing. Mengingat saat ini banyak masyarakat luas yang lebih mudah untuk menjangkaunya.

Pada kesempatan kali ini, pembahasan tidak jauh-jauh dari salah satu bentuk strategi pemasaran (Video pemasaran). Berikut ini informasi lengkapnya!

Apa Itu Video Marketing?

Tidak semua orang mengetahui gambaran umum strategi pemasaran yang satu ini. Jadi, sistem pemasaran kali ini memanfaatkan video sebagai media pemasaran sekaligus promosi suatu bisnis.

Selain itu, sistem pemasaran ini akan meningkatkan suatu keterlibatan dalam dunia digital maupun sosial. Dengan begini dapat memberikan suatu penawaran produk serta brand awareness terhadap mangsa pasar.

Tidak mengherankan apabila banyak sekali pebisnis yang menggunakan video sebagai sistem strategi marketing masa kini. Mengingat bahwasannya hal ini jauh lebih efektif.

Jenis-Jenis Video Marketing

Setelah sedikit mengetahui gambaran mengenai strategi marketing yang satu ini, Anda akan mengetahui beberapa macam jenis video. Berikut ini jenis-jenisnya, penjelasan lengkap dan detail:

1. Video Demo

Jenis video ini memberikan gambaran cara kerja suatu produk maupun jasa. Tujuan video demo adalah mendekatkan brand terhadap audience.

2. Video Branding

Video dengan jenis ini digunakan untuk memperkenalkan brand kepada mangsa pasar, investor, maupun mitra. Biasanya di dalam video branding terdapat CTA (Call-To-Action).

3. Video Event

Video event berupa cuplikan rekaman atas suatu event yang telah berjalan. Video event dibuat karena mampu meningkatkan kredibilitas suatu perusahaan atau bisnis.

4. Video Podcast

Video podcast ini memadukan antara audio maupun video. Biasanya, di dalam video menghadirkan pakar-pakar dibidang tertentu. Sama halnya dengan video event, video podcast meningkatkan kredibilitas perusahaan atau bisnis.

Baca Juga :   6 Tahap Pembuatan Website Toko Online

5. Video Animasi

Tak sedikit orang menyukai video animasi! Walaupun perusahaan atau bisnis menjual produk fisik, tidak ada salahnya menggunakan video animasi. Setidaknya, para audience mampu mengetahui ilustrasi produk fisik yang ditawarkan.

6. Video Tutorial

Sebenarnya, video tutorial hampir mirip dengan video demo. Namun, tujuan dari video tutorial adalah membangun suatu pengetahuan para audience. Faktanya, video tutorial banyak ditunjukkan oleh sales team selama penjualan produk ke masyarakat.

7. Video Testimonial

Biasanya para pembeli mengambil keputusan pembelian melalui testimonial orang lain. Kali ini, perusahaan atau bisnis dapat membuat beberapa cuplikan video testimonial. Sebenarnya, tujuan dari pembuatan video testimonial adalah memperkuat pengambilan keputusan oleh pembeli.

8. Video Webinar

Pada saat tertentu, mungkin perusahaan atau bisnis Anda mengadakan webinar yang tidak jauh-jauh dari produk. Webinar ini dapat dilakukan secara online. Dengan begitu, Anda bisa membuat video webinar lalu diposting ke sosial media, seperti YouTube. Tujuannya sendiri adalah menjangkau para audience.

9. Video Live

Video jenis terakhir yaitu video live. Bisa dikatakan video ini mengandalkan siaran langsung, tanpa ada penyaringan di dalamnya. Tujuan dari video live adalah meningkatkan interaction para audience. 

Alasan Kemunculan Video Marketing

Berikut ini penjelasan alasan kemunculan video marketing, secara lengkap dan detail:

1. Mempermudah Peningkatan Organic Traffic

Anda harus tahu bahwasannya dalam lansiran Adelie Studios menunjukkan bahwa 41% ada banyak organic traffic. Dengan begini, Anda akan mendapatkan banyak traffic pengunjung dan sedikit demi sedikit menjadi pelanggan.

Sebenarnya, konten berbentuk video ini sangatlah kuat. Mengapa bisa begitu? Hal ini dikarenakan sentuhannya serta rasa yang tinggi. Maka dari itu, patut untuk dicoba saat ini juga.

Baca Juga :   Google Ads vs Facebook Ads : Mana yang Lebih Baik?

2. Penyimpanan Informasi Jauh Lebih Baik

Anda harus tahu bahwasannya di dalam video terdapat berbagai macam informasi. Angka dari informasi tersebut adalah 95%. Hal ini sangat luar biasa sekali bukan?

Bahkan, Anda harus mencatat bahwasannya orang-orang akan lebih mudah menyelesaikan video hingga benar-benar habis informasi di dalamnya. Dengan begitu, potensi dari pembuatan video ini sangatlah besar. Maka dari itu, sudah saatnya Anda membuat konten berupa video.

3. Pasar Lebih Ingin Video

Anda harus tahu bahwasannya publik menginginkan video di pasaran. 43% orang memiliki harapan pemasar, pebisnis, atau perusahaan membuat konten video dimasa mendatang. Ada banyak jenis-jenis video yang dapat dibuat, seperti halnya video demo, video testimonial, video tutorial, dan sebagainya.

Dari beberapa penjelasan di atas menunjukkan bahwasannya video marketing sangatlah fantastis digunakan pada berbagai macam sosial media, seperti Facebook, YouTube, dan sebagainya.

Bagaimana? Apakah Anda mulai tertarik untuk menciptakan video marketing saat ini? Tenang, Anda tidak perlu menambah biaya tenaga kerja. Sudah ada Digital Marketing Agency yang siap membantu Anda membuat video.

Digital Marketing Agency membantu Anda untuk menciptakan video yang dimaksud! Mengapa bisa begitu? Karena, Difitech telah menyediakan jasa pembuatan video marketing untuk skala nasional maupun internasional. Bahkan, Difitech telah menangani berbagai macam klien selama ini. Sehingga, dapat dengan mudah memahami konsep pembuatan video Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Social Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?