Kehilangan Pengikut Instagram? Ketahui Penyebab dan Solusi Mengatasinya

kehilangan pengikut instagram

Ketika Anda menggunakan Instagram untuk menjalankan bisnis Anda, dan Anda berusaha keras untuk mengembangkan Instagram dengan menggunakan strategi yang efektif. Namun alih-alih menambah pengikut, kenyataannya Anda justru kehilangan pengikut Instagram.  Pernahkah Anda mengalami ini? Maka Anda perlu melakukan evaluasi untuk mencari tahu, kenapa Anda kehilangan pengikut Instagram.

Apakah Kehilangan Pengikut Instagram Normal?

Ketika Anda kehilangan beberapa jumlah pengikut, ini merupakan hal yang normal dan mungkin terjadi pada semua orang. Kehilangan pengikut Instagram dapat mempengaruhi keterlibatan Anda dan membuat akun Anda menjadi sulit untuk memperoleh pengikut baru. 

Namun kehilangan pengikut Instagram tidak selalu diakibatkan dari Anda, melainkan dapat juga penyebabnya terjadi karena Instagram seperti penghapusan akun-akun yang dianggap bot serta terjadinya shadowban pada akun Anda. 

Hal pertama yang dapat Anda lakukan ketika menyadari akun Anda kehilangan pengikut Instagram adalah mengidentifikasi alasan tersebut. Apakah karena konten yang Anda buat atau memang karena dari Instagram. Namun terdapat beberapa penyebab umum kenapa Anda mungkin kehilangan pengikut Instagram, berikut penyebabnya.

Baca juga: Begini Cara Meningkatkan Followers Instagram Bisnis Anda

8 Penyebab Anda Kehilangan Pengikut Instagram

Berikut ini adalah penyebab kenapa Anda kehilangan pengikut Instagram, yang dapat membantu Anda mengidentifikasi kenapa akun Instagram Anda kehilangan pengikut dan mencegah kehilangan pengikut Instagram di masa mendatang.

1. Instagram menghapus akun Instagram bot

Ini adalah salah satu penyebab paling umum kenapa akun Anda kehilangan pengikut Instagram. Akun-akun palsu atau bot ini sangat meresahkan di Instagram dan dianggap oleh Instagram sebagai spamming. Mungkin salah satu pengikut Anda adalah bot, itulah sebabnya pengikut Anda berkurang karena bot tersebut terkena pembersihan Instagram. 

Meskipun pengikut Anda berkurang karena hal ini, namun akun Anda akan tetap mendapatkan tingkat keterlibatan yang lebih baik. Oleh karena itu, teruslah membuat konten yang berkualitas dan membuat interaksi dengan pengikut, agar akun Anda mendapatkan pengikut organik tanpa bot.

Baca Juga :   9 Cara Membuat Digital Marketing Plan Agar Bisnis Lebih Fokus

Baca juga: Penyebab Utama Instagram Shadowban & Cara Mengatasi Shadowban

2. Jarang mengunggah konten

Terdapat banyak konten yang diunggah ke Instagram, setiap harinya. Maka agar tetap relevan, Anda juga harus mengunggah konten Anda setidaknya 1 konten setiap hari. Jika Anda jarang memposting konten, bagaimana pengikut Anda akan mengenali Anda dan terlibat dengan akun Instagram Anda. Oleh karena itu, buatlah jadwal mengenai jadwal unggah konten Anda agar konten Anda terpublikasi dengan baik dan mendapat perhatian pengikut.

3. Profil Instagram yang tidak jelas

Profil Instagram yang jelas akan membuat pengikut tertarik untuk mengunjungi akun Anda dan menjadi pengikut Anda pada akhirnya. Profil Instagram membantu audiens mengenali, jenis akun apakah yang Anda jalankan, atau produk jenis apa yang Anda tawarkan melalui Instagram. Dengan profil yang jelas, dapat meningkatkan kepercayaan audiens. Bayangkan jika profil Anda tidak jelas. Kepercayaan antara Anda dan pengikut sulit terbangun.

4. Konten yang berkualitas rendah

Pada dasarnya, Instagram merupakan platform visual yang menampilkan gambar atau video sebagai konten. Jadi isi konten yang berkualitas akan mudah menarik perhatian audiens dan menjadi pengikut Anda. Namun, jika konten-konten yang Anda sajikan merupakan konten asal-asalan tanpa mempertimbangkan kenyamanan audiens maupun pengikut, bukan tidak mungkin pengikut Anda akan kabur dan beralih ke konten lain. Pastikan konten Anda berkualitas tinggi, baik dalam gambar atau video maupun caption dalam konten. Jangan memposting foto beresolusi rendah. 

5. Isi konten terlalu hard selling

Jika Anda menggunakan Instagram sebagai platform berbisnis, maka perhatikanlah konten yang Anda buat. Mungkin saja, Anda kehilangan pengikut Instagram karena Anda terlalu hard selling dalam konten yang Anda buat. Pengikut bisa saja menyukai konten promosi Anda, namun tidak setiap hari. Itu sebabnya Anda dapat memvariasikan jenis konten yang akan Anda posting. Selama isi konten masih relevan dengan niche bisnis Anda, jenis konten apapun akan disukai oleh pengikut Anda. 

Baca Juga :   Perbedaan Keyword dan Query Dalam Penggunaannya

Baca juga: Beda Paid Promote dan Endorse dalam Promosi Bisnis

6. Menggunakan hashtag yang tidak sesuai

Salah satu cara untuk menjangkau audiens adalah melalui hashtag. Jika Anda memutuskan untuk tidak menggunakan hashtag atau tidak menggunakannya dengan tepat dalam strategi Anda, maka Anda mungkin akan mengalami penurunan audiens dan keterlibatan audiens. Hindari penggunaan hashtag yang tidak berhubungan dengan konten yang Anda unggah dan isian hashtag lain yang Anda gunakan. 

7. Membeli pengikut Instagram

Membeli pengikut Instagram dapat menjadi penyebab paling sering sebuah akun kehilangan pengikut Instagramnya. Meski membeli pengikut merupakan hal lumrah digunakan oleh beberapa akun bisnis, namun membeli pengikut tidaklah membantu dalam jangka panjang. Memiliki pengikut palsu dapat merusak reputasi brand Anda. Pengikut palsu juga tidak Anda menghasilkan jangkauan maupun keterlibatan akun Anda dalam hal apapun. Ini juga akan berdampak buruk pada akun Anda karena menyalahi aturan Instagram. 

Baca juga: Cara Meningkatkan Jangkauan Instagram Bisnis Anda

8. Kesalahan sistem Instagram

Dari berbagai penyebab, kesalahan sistem Instagram juga dapat membuat akun Anda kehilangan pengikut. Hal ini disebut dengan Instagram Glitch. Instagram glitch ini merupakan gangguan pada sistem Instagram yang menyebabkan hilangnya pengikut dari akun pengguna selama berjam-jam atau bahkan berhari-hari. Saat ini terjadi, biasanya pihak Instagram akan memberitahu Anda mengenai permasalahan ini. Sehingga ketika ini terjadi, Anda tidak dapat melakukan apapun selain menunggu tim Instagram menyelesaikan masalah ini dan setelah selesai, pengikut akan kembali seperti semula. 

Bagaimana menurut Anda, apakah penyebab-penyebab di atas pernah Anda alami saat pengikut Anda berkurang? Jika Anda baru menyadari penyebab akun Instagram Anda kehilangan pengikut, maka Anda tidak perlu khawatir jika penyebabnya dari kesalahan Instagram. Namun, jika penyebabnya ada pada Anda, lakukanlah evaluasi pada akun dan konten Anda. Sehingga Anda dapat meminimalisir kehilangan pengikut Instagram. 

Baca Juga :   Strategi Email Marketing yang Membantu Meningkatkan Penjualan
Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Social Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?