Mengetahui Pentingnya EAT dalam SEO

eat dalam seo

Pernahkah Anda mendengar EAT? Bukan. Bukan kata “makan” dalam Bahasa Inggris. EAT yang dimaksud di sini adalah teknik yang digunakan untuk mengoptimasi website dalam strategi SEO. Lantas apa itu EAT dan apa pentingnya EAT dalam SEO? Simak penjelasan berikut ini.

Apa itu EAT dalam SEO?

EAT adalah singkatan dari Expertise yang berarti keahlian, Authoritativeness yang berarti otoritas, dan Trustworthiness yang berarti kepercayaan. EAT merupakan konsep yang dibuat Google, untuk menilai kualitas website sebagai metode penilaian hasil pencarian. Mungkin EAT SEO ini baru terdengar oleh Anda, namun sebenarnya EAT sudah cukup lama digunakan. 

Seperti Anda tahu bahwa Google mengedepankan pengalaman terbaik pengguna, saat mereka menggunakan search engine Google. Itulah kenapa Google hanya memberikan peringkat kepada website yang ia percaya sepenuhnya memiliki kualitas konten yang terbaik. Sehingga dengan hadirnya EAT SEO ini, sebuah website dapat terlihat lebih kredibel dan berkualitas.

Sederhananya, EAT dalam SEO merupakan karakteristik yang menunjukkan halaman web berkualitas tinggi, dengan memberikan peringkat oleh algoritma Google. Sehingga website-website yang dinilai berkualitas oleh Google dapat muncul di halaman teratas hasil pencarian, serta yang paling penting bermanfaat bagi audiens. 

Baca juga: Optimasi Teknik SEO On Page Untuk Meningkatkan Peringkat Website

Penjelasan Masing-Masing Konsep EAT 

Meski jika dibaca dari pengertian masing-masing kata, EAT dalam SEO merupakan konsep yang serupa tetapi tidak identik. Masing-masing dari konsep EAT dalam SEO dievaluasi secara independen menggunakan serangkaian kriteria yang berbeda. 

Expertise (Keahlian)

Keahlian merupakan tingkat pengetahuan tingkat tinggi dalam suatu bidang tertentu. Expertise EAT dalam SEO mengacu pada keahlian pembuat konten. Sehingga konten yang ada di website setidaknya harus dibuat oleh seorang ahli yang memang mengerti dan telah menguasai apa yang dibuatnya dalam konten tersebut. Terlebih lagi jika website Anda menggunakan topik YMYL (Your Money or Your Life) dalam pemilihan topik konten Anda. Maka keahlian formal, kualifikasi, serta pendidikan dari si pembuat konten sangat penting untuk diperhatikan.

Authoritativeness (Otoritas)

Authority adalah reputasi baik yang dimiliki sebuah website dalam menghasilkan konten berkualitas. Singkatnya, ketika orang lain melihat situs website Anda sebagai sumber informasi utama karena memiliki kualitas konten yang baik tentang suatu topik, maka itulah yang disebut Authority atau otoritas. 

Dengan kualitas konten yang kredibel, website akan memiliki reputasi yang baik dan terpercaya. Pengoptimalan backlink yang berasal dari website yang kredibel, juga dapat meningkatkan faktor otoritas ini. Sehingga domain otoritas website Anda dapat meningkat.

Trustworthiness (Kepercayaan)

Trustworthiness di konsep EAT dalam SEO merupakan kepercayaan terhadap legitimasi, transparansi, dan keakuratan situs website beserta kontennya. Website dengan konten YMYL membutuhkan tingkat kepercayaan yang sangat tinggi. Ini karena website tersebut harus memberikan informasi yang terpercaya dan kredibel, yang dapat memberikan tanggung jawab atas seluruh konten di websitenya.

Untuk memperoleh faktor kepercayaan website dari audiens, pemilik website dapat mempertimbangkan isi konten yang akurat, profile yang informatif, serta kemudahan konten untuk diakses. Dengan mempertimbangkan hal tersebut, tentu sebuah website akan mudah mendapatkan kepercayaan dari audiens dan Google.

Baca juga: Pengaruh Stop Word Dalam Optimasi SEO

Jadi Mengapa EAT Penting untuk SEO?

Meskipun algoritma mesin pencari terus mengalami perubahan, namun apa yang mesin pencari berikan terhadap website-website di posisi teratas memberikan gambaran tentang apa yang mesin pencari anggap sebagai konten berkualitas tinggi. Konten berkualitas tinggi memiliki dampak besar bagi pemilik website atau pemasar konten serta profesional SEO. Karena konten yang berkualitas mampu meningkatkan peringkat website di halaman hasil pencarian.

Konsep EAT dalam SEO memberi wawasan nyata bahwa pedoman tersebut dapat memberikan evaluasi yang berarti bagi perkembangan situs website tentang jenis konten yang seperti apa yang dianggap berkualitas tinggi oleh Google. Menurut konsep EAT, konten yang bagus harus memiliki unsur ramah pembaca, mudah untuk pengguna, dibuat oleh ahlinya, diunggah di situs resmi, isi konten yang dapat dipercaya, serta diperbaharui secara teratur. Halaman website yang menyebarkan informasi salah, menyebarkan kebencian, menyebabkan kerugian, serta menipu pengguna tidak akan mendapatkan peringkat dari Google. 

Baca juga: Internal Link Untuk Meningkatkan SEO Situs Web Anda

Mengoptimalkan Website Sesuai Konsep EAT

Konsep EAT adalah keahlian, otoritas, dan kepercayaan dalam memberikan konten yang berkualitas yang dapat membantu memberikan informasi bermanfaat kepada audiens dan juga Google. Jadi sangat boleh memaksimalkan konsep EAT untuk meningkatkan nilai SEO, karena ada beberapa strategi SEO juga yang menggunakan konten berkualitas tinggi sebagai pedoman untuk memberikan peringkat pada website. 

Namun yang perlu Anda tahu adalah Google telah menjelaskan bahwa EAT bukanlah satu-satunya faktor peringkat yang dapat memberikan dampak langsung pada peringkat website Anda. Sebaliknya, EAT merupakan pedoman internal yang membantu Google menentukan apakah suatu konten berkualitas tinggi atau tidak. Jadi meskipun EAT dalam SEO penting, kedudukannya tidaklah sepenting yang dipikirkan pakar atau profesional SEO. 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Soscial Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?