Cara mengukur brand awareness. Brand awareness secara sederhana adalah sejauh mana konsumen mengenali dan memiliki pengetahuan tentang produk serta merek yang Anda miliki. Ketika konsumen memikirkan suatu produk, namun nama merek Anda muncul lebih dulu di benak mereka. Hal ini bahkan bisa membuat produk Anda menjadi pilihan utama yang mereka rekomendasikan kepada orang lain.
Ketika kita berada di supermarket, terkadang kita menemukan produk baru yang belum pernah kita lihat sebelumnya atau produk yang sudah menjadi langganan setiap berbelanja. Pengetahuan tentang merek atau produk ini sangat mempengaruhi pilihan konsumen dalam memilih produk yang ingin mereka miliki.
Aspek Brand Awareness
Seberapa populer nilai-nilai merek Anda dalam pandangan konsumen dapat diidentifikasi melalui tagline atau kegiatan promosi yang biasa Anda lakukan.
Seberapa terkenal logo atau warna produk Anda di mata konsumen, yang dapat mengukur kesan positif yang Anda tinggalkan dalam ingatan konsumen dalam jangka waktu yang panjang.
Popularitas produk dan layanan Anda yang diukur dari seberapa akrabnya audiens dengan kualitas produk dan layanan yang Anda tawarkan.
Manfaat Mengukur Brand Awareness
Mengukur brand awareness secara teratur memberikan sejumlah manfaat bagi suatu merek dalam jangka panjang.
- Meningkatkan strategi pemasaran yang sedang digunakan saat ini.
- Membuka potensi dari strategi pemasaran yang belum terungkap sebelumnya.
- Menemukan strategi pemasaran baru yang dapat diterapkan di tahun-tahun mendatang.
- Memahami cara yang tepat untuk mengembangkan perusahaan.
- Mengidentifikasi kelemahan dalam promosi yang dapat diperbarui ke depannya.
- Meningkatkan efektivitas promosi di media sosial.
- Mengelola alokasi anggaran pemasaran dengan lebih baik.
- Maksimalkan pendapatan dari penjualan produk dan layanan dengan optimal.
Cara Mengukur Brand Awareness
Social Media Listening
Jumlah pengikut yang besar di media sosial akan membuat merek Anda menjadi pembicaraan dalam berbagai topik yang terkait. Ini sering terjadi karena konsumen merekomendasikan produk Anda kepada orang lain. Social media listening dapat mengidentifikasi seberapa sering merek Anda disebutkan, platform yang paling banyak menyebutkan merek Anda, dan topik yang sering muncul.
Social media listening juga dapat meningkatkan brand awareness dengan mendengarkan peluang yang mungkin membantu merespons kebutuhan konsumen, menawarkan penawaran menarik, dan berbagai pendekatan dengan audiens target.
Backlink Profiles
Ketika merek Anda disebut dalam artikel blog atau media lain, biasanya mereka akan mencantumkan link ke sosial media atau marketplace Anda. Mengamati backlink profile membantu melacak popularitas merek Anda dan platform sosial media yang paling terkenal di kalangan konsumen.
Penggunaan backlink dapat mengidentifikasi level brand awareness yang Anda miliki, namun penting untuk mengetahui dari mana link tersebut berasal.
Share of Voice
Share of voice adalah metode untuk mengukur keterlihatan merek Anda dibandingkan dengan kompetitor. Ini membantu mengukur efektivitas iklan berbayar dan kinerja merek Anda secara online.
Anda dapat menggunakan metrik share of voice untuk memantau kinerja merek Anda selama proses pemasaran dan iklan di media sosial.
Cek Jumlah Pengikut di Media Sosial
Peningkatan atau penurunan jumlah pengikut di media sosial merupakan indikator penting dalam mengukur brand awareness. Kebanyakan orang menggunakan media sosial untuk mengetahui produk terbaru dan promosi yang Anda lakukan.
Testimoni produk di media sosial juga berpengaruh, karena tag akun sosial media Anda dapat membuka peluang mendapatkan lebih banyak pengikut.
Cara mudah untuk mengukur jumlah pengikut media sosial adalah melalui layanan insight yang tersedia di akun bisnis.
Masih bingung tentang bagaimana cara mengukur brand awareness untuk bisnis Anda? Kami di Difitech siap membantu! Jangan lewatkan promo dan diskon menarik yang telah kami siapkan. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut!