Tips Membuat Konten Marketing

Tips Membuat Konten Marketing yang Tajam dan Relevan

Tips Membuat Konten Marketing yang Tajam dan Relevan berikut ini menjadi satu dari pemicu kesuksesan strategi marketing bisnis. Semakin relevan dan menarik konten yang dibuat, juga sesuai dengan kebutuhan target audience, semakin tertarik juga audience dalam mencari informasi bisinismu lebih lanjut.

Tips Membuat Konten Marketing yang Tajam dan Relevan

Di era digital yang semakin pesat, tentunya kamu sudah tidak asing bukan dengan istilah Online Marketing? Hal tersebut merupakan gambaran secara luasnya, jika dispesifikasikan lagi, akan banyak ditemukan jenisnya yang beragam. Salah satu yang sebenarnya paling berpengaruh adalah content marketing. 
Sebagai salah satu penentu kesuksean strategi marketing sebuah bisnis, konten pemasaran ini harus dibuat dengan sebaik mungkin. Lantas, bagaimana sajakah cara-cara dalam mewujudkannya? Simak 5 Tips Membuat Konten Marketing berikut ini! 1. Tentukan Tujuan Marketing dan Lakukan Researh Buyer Poin utama sebelum kamu memulai langkah pembuatan content marketing adalah menentukan apa sebetulnya tujuan dari pembuatan konten tersebut? Dengan mengetahui tujuan, bisa menggiring kamu dalam menentukan hal –hal tepat yang pantas dimasukkan dalam strategi marketing yang dimiliki.
Jika kamu sudah mengetahui apa yang menjadi tujuan, lakukan research buyer persona untuk mengetahui target audience. Mengetahui target audience, berarti mendorong Anda agar bisa membuat konten yang menarik dan relevan. Dengan pengatahuan akan target audience, tentu kamu bisa lebih tepat dalam menempatkan konten yang pas untuk marketing bisnis. 2. Ambil Sisi Psikologisnya

Dalam sebuah konten marketing, dikenal sebuah struktur penulisan konten bernama AIDA (Attention or Awareness, Interest, Desire, Action). Pola struktur ini inilah yang menggaet audience secara menyuluruh hingga ke sisi psikologisnya. Anda harus bisa menguasai  target audience dengan mengamati apa yang diinginkan. Buatlah konten dengan permulaan yang menarik dan mengambil perhatian agar audience mau mengatahui lebih lanjut.


Membuat content marketing bukan hanya mengolah kata-kata kemudian memaksakan audience membeli produk atau jasa Anda. Tapi memberikan apa yang dibutuhkan oleh audience. Itulah mengapa, pola AIDA ini sangat diperlukan. Dari mulai Anda membuat audience penasaran dengan konten Anda, membuatnya merasa tertarik dan ada hasrat untuk membeli, baru kemudian menggiring agar mereka bisa mengambil aksi.

3. Lakukan Campaign Ketika ada Kesempatan

Pembuatan konten yang menyentuh audience bukan hanya yang relevan dengan target. Kamu juga bisa memasukkan campaign dan promosi yang cocok ke dalam konten yang sedang dibuat. Meskipun demikian, perhatikan juga bagaimana kesesuaian campaign dengan konten tersebut. Campaign pun tidak hanya bisa dilakukan hanya pada laman utama, misalnya di situs atau blog bisnis.


Kamu bisa membagikan konten yang berisi campaign ke beberapa media sosial. Arahkan juga audience di media sosial agar tertarik untuk mengunjungi situs yang kamu sisipkan. Terlebih membuatnya secara berkala, misalnya seperti membuat kalender campaign, bisa menambah kesuksesan dari sebuah strategi marketing.

4. Pikirkan dan Buat Konten yang Layak

Menjadi content marketer tidak boleh egois yang dalam artian hanya mengutamakan sisi benefit untuk bisnisnya saja. Melainkan juga memikirkan konten yang layak untuk pembaca atau target pasar yang kamu miliki. Hal yang harus diperhatikan adalah, konsumen tidak akan melakukan tindakan jika kamu memaksakan mereka untuk bertindak.


Begitu pula dengan aksi pembelian. Calon konsumen tidak akan membeli apa yang kamu pasarkan jika memang mereka tidak sedang ingin membelinya. Atau jika mereka memang tidak sedang membutuhkannya. Itulah mengapa, isi dari konten yang kamu buat,  harus bisa memaksimalkan kesempatan dalam setiap hal. Tak hanya asal membuat konten, sisipi juga dengan informasi, trend, dan lain sebagainya.

5. Menghadirkan Konten di Waktu yang Tepat

Menjadi content marketer bukan hanya pandai dalam membuat konten marketing yang layak dan pas dengan target pasarnya. Namun juga harus mengerti perihal ketepatan waktu dan informasi yang dibutuhkan saat itu juga. Penting sekali dalam mengetahui trend terkini di bidang yang memang sedang digeluti. 
Dengan begitu, kamu bisa meng-update setiap konten tepat pada waktunya. Jika kamu melihat atau tahu perihal topik yang sedang hangat, maka sesegera mungkin buatlah konten yang berkaitan dengannya. Jangan sampai, kamu membuat konten tersebut di waktu yang sudah lewat sehingga target audience kamu pun enggan untuk membacanya kembali.


Pada intinya, membuat content marketing bisa didasarkan pada apa tujuan yang kamu miliki dan sesuaikan itu dengan apa yang dibutuhkan target audience. Jika ada kesesuaian di dalamnya, maka bukan tidak mungkin kontenmu akan dianggap sangat menarik dan relevan sesuai kebutuhan calon customer.  Nah, sudahkah kamu menjalankan Tips Membuat Konten Marketing diatas?