Apa Itu Leads? Simak Kiat Mendapatkan Leads Berkualitas!

Apa Itu Leads?

Apa Itu Leads? Dalam artikel ini, kita akan mengenal lebih jauh tentang apa itu leads dan memberikan beberapa kiat untuk mendapatkan leads berkualitas.

Pengertian Leads dalam Digital Marketing

Leads adalah orang, perusahaan atau organisasi yang menunjukkan minat pada produk, layanan, atau penawaran yang Anda berikan. BIsa dikatakan bahwa leads merupakan konsumen potensial dan tertarik dengan layanan Anda.

Calon konsumen yang tertarik dengan jasa atau produk tersebut biasanya mengutarakan minat melalui formulir, email, atau saluran pemasaran lainnya. Leads memiliki potensi untuk berubah menjadi pelanggan aktif jika diolah dengan benar.

Mengapa Leads Sangat Penting dalam Pemasaran Digital?

Alasan bisnis utama mengapa leads sangat penting bagi bisnis yaitu membantu Anda untuk memahami lebih detail siapa calon pelanggan, kebutuhan dan minat, kapan waktu terbaik untuk berkomunikasi, dan bagaimana cara terbaik untuk mendekati mereka.

Selain itu, ada alasan lain mengapa sebuah leads sangat bermanfaat bagi bisnis:

  1. Meningkatkan Konversi. Leads adalah langkah pertama menuju konversi yang sukses. Dengan mengumpulkan informasi kontak dari calon pelanggan, Anda memiliki kesempatan untuk berkomunikasi lebih lanjut dan meyakinkan mereka untuk melakukan pembelian atau tindakan lain yang diinginkan.
  2. Personalisasi. Dengan leads, Anda memiliki data tentang minat dan preferensi calon pelanggan. Ini memungkinkan Anda untuk membuat pesan pemasaran yang lebih relevan dan personal, yang dapat meningkatkan peluang konversi.
  3. Mengukur Hasil. Leads membantu Anda melacak sejauh mana kampanye pemasaran Anda berhasil. Anda dapat mengukur jumlah leads yang dihasilkan dari berbagai sumber atau taktik pemasaran dan menentukan mana yang paling efektif.
  4. Pengembangan Hubungan. Leads bisa mempermudah Anda untuk menjalin hubungan jangka panjang dengan calon pelanggan. Hal ini bisa dalam bentuk mengirim konten atau menawarkan informasi yang relevan untuk menjaga minat mereka selama periode waktu tertentu.
  5. Menghemat Waktu dan Sumber Daya. Dengan fokus pada leads yang sudah menunjukkan minat, Anda dapat menghemat waktu dan sumber daya dalam upaya pemasaran. Anda tidak perlu menghubungi secara acak atau mencoba menjual kepada mereka yang belum menunjukkan minat.
  6. Mengoptimalkan Strategi. Data leads membantu Anda mengoptimalkan strategi pemasaran Anda. Anda dapat melihat apa yang berfungsi dan apa yang tidak, dan mengubah taktik Anda sesuai dengan respons dari leads.
Baca Juga :   10 Ide Konten Promosi Instagram Untuk Bisnis Online

Jenis-Jenis Leads

Untuk mendapatkan leads unggulan, Anda perlu memahami jenis-jenis leads terlebih dahulu:

  1. Marketing Qualified Lead – MQL. Yang masuk ke dalam jenis leads ini adalah calon pelanggan yang tertarik dengan materi pemasaran Anda, seperti e-book atau webinar yang mereka unduh atau ikuti. Calon pelanggan belum siap untuk berbicara langsung dengan tim penjualan karena masih dalam tahap awal proses pembelian.
  2. Sales Qualified Lead – SQL. Konsumen yang termasuk dalam SQL sudah menunjukkan ketertarikan yang lebih serius, seperti dengan mengisi formulir permintaan harga atau menghubungi Anda untuk informasi lebih lanjut. Mereka sudah lebih siap untuk berdiskusi dengan tim penjualan dan lebih dekat ke tahap pembelian.
  3. Product Qualified Lead – PQL. Lead ini adalah orang-orang yang sudah mencoba produk Anda, baik melalui versi percobaan gratis (free trial), dan menunjukkan minat untuk membeli atau mendapatkan informasi lebih lanjut. Orang tersebut sudah memiliki pengalaman langsung dengan apa yang Anda tawarkan dan mungkin ingin upgrade atau membeli.
  4. Service Qualified Lead. Sedangkan SQL merupakan jenis leads yang adalah pelanggan yang sudah menggunakan layanan Anda dan ingin meningkatkan atau mengubah layanan yang mereka terima. Para konsumen yang sudah berlangganan biasanya akan menghubungi tim penjualan atau layanan untuk membahas opsi perpanjangan.

Contoh Leads

Simak beberapa contoh di bawah ini untuk lebih memahami apa itu leads:

  1. Formulir Pengisian Data. Ketika pengunjung situs web mengisi formulir untuk mengunduh konten, mendaftar acara, berlangganan newsletter, atau mengajukan pertanyaan, mereka menunjukkan minat yang lebih dalam.
  2. Interaksi di Media Sosial. Pengguna yang mengomentari, berbagi, atau mengeklik tautan ke konten perusahaan di platform media sosial menunjukkan minat terhadap perusahaan dan layanan yang ditawarkan.
  3. Pelanggan Potensial dari Email Marketing. Orang-orang yang menerima email pemasaran dari perusahaan dan menunjukkan minat dengan membuka email, mengklik tautan, atau berinteraksi dengan konten di dalamnya adalah contoh leads.
  4. Pengguna yang Menggunakan Versi Percobaan. Jika perusahaan menawarkan versi percobaan produk atau layanan, pengguna yang mengunduh dan menggunakannya dapat dianggap sebagai Product Qualified Leads (PQL) jika mereka menunjukkan minat aktif dalam menggunakannya.
  5. Interaksi di Live Chat. Pengunjung yang berinteraksi dengan customer service atau sistem live chat di dalam website bisa menjadi calon pelanggan yang potensial.
  6. Peserta Webinar. Peserta dalam webinar dari perusahaan dapat dikatakan memiliki minat kuat terhadap topik yang dibahas dan dapat dianggap sebagai calon pelanggan yang berpotensi.
Baca Juga :   Mengenal Apa itu Conversion Rate

Cara Mendapatkan Leads

Mendapatkan leads yang berkualitas membutuhkan strategi yang matang dan berkelanjutan. Anda dapat mengikuti beberapa cara berikut ini:

  1. Produksi Konten Berkualitas Tinggi. Salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan leads adalah dengan menyediakan konten yang bernilai tinggi. Artikel blog informatif, panduan, e-book, video tutorial, atau webinar dapat menarik minat calon pelanggan yang relevan dengan produk atau layanan perusahaan.
  2. Implementasi Search Engine Optimization (SEO). Pastikan situs web perusahaan Anda dioptimalkan untuk mesin pencari. Dengan menerapkan strategi SEO yang baik, situs web perusahaan akan muncul di hasil pencarian yang relevan, sehingga menarik lebih banyak traffic dan potensial leads.
  3. Unggah Postingan di Media Sosial. Manfaatkan media sosial untuk memperluas jangkauan dan meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan. Publikasikan konten menarik secara konsisten, dan tanggapi komentar atau pesan dari pengguna dengan cepat.
  4. Program Referral. Buatlah program referral atau program penghargaan bagi pelanggan yang merujuk orang lain ke bisnis Anda. Dengan cara ini, Anda dapat mendapatkan leads dari orang-orang yang sudah puas dengan produk atau layanan Anda.
  5. Selenggarakan Kontes dan Giveaway. Selenggarakan kontes atau giveaway di media sosial atau situs web perusahaan. Permintaan partisipasi dengan mengisi formulir atau meninggalkan kontak mereka, sehingga Anda dapat mengumpulkan leads berkualitas.
  6. Lakukan Email Marketing. Gunakan email marketing secara strategis untuk membangun hubungan dengan leads. Kirimkan konten berharga dan relevan, serta jangan lupa mengajak mereka untuk melakukan tindakan yang lebih lanjut, seperti mendaftar ke webinar atau mengunjungi situs web Anda.
  7. Buat Landing Page yang Efektif. Buat landing page yang menarik dan relevan dengan penawaran Anda. Pastikan elemen-elemen pada landing page mengarahkan pengunjung untuk mengisi formulir atau melakukan tindakan yang diinginkan.
Baca Juga :   Mengenal Micro Moment Marketing

Kini Anda telah memahami apa itu leads dan bagaimana cara mendapatkan leads yang berkualitas. Difitech memiliki tim expert yang andal di bidangnya untuk membantu bisnis Anda mendapatkan leads unggulan.

Strategi digital marketing dari Difitech dirancang secara khusus, komprehensif serta unik sesuai kebutuhan. Hubungi tim kami untuk berkonsultasi atau informasi lebih lengkap.

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Social Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?