Alasan Menjalankan Digital Marketing Sangat Penting Saat Ini

alasan menjalankan digital marketing

Bisnis kecil maupun besar, hari ini sudah mulai beralih ke pemasaran secara digital. Karena bersaing secara digital akan lebih memudahkan mereka daripada menggunakan pemasaran tradisional. Dengan menggunakan digital marketing, Anda dapat dengan mudah mempromosikan bisnis Anda dalam skala lokal maupun global dan menentukan target audiens dengan lebih spesifik, untuk menarik pelanggan yang tertarik dengan produk Anda. Terlebih, hari ini semuanya sudah serba digital. Sehingga alasan menjalankan digital marketing saat ini begitu penting untuk dicoba bagi bisnis Anda.

3 Alasan Menjalankan Digital Marketing Bagi Bisnis 

1. Sadarilah Pelanggan Anda Sedang Online

Ketika seseorang tertarik dengan suatu produk Anda, hal pertama yang akan mereka lakukan adalah melakukan riset online dan melihat apa yang dapat mereka temukan tentang produk tersebut. Begitu juga bisnis Anda. Jika Anda tidak memiliki kehadiran online, bagaimana pelanggan Anda tahu mengenai kepercayaan produk Anda bahkan kepercayaan brand Anda. 

Di era digital saat ini, pelanggan berharap menemukan kehadiran website dan media sosial suatu brand. Karena dengan begitu, mereka dapat mencari ulasan hingga  mempelajari apa yang dikatakan orang lain tentang brand Anda. Hal inilah yang membuat Anda memiliki alasan menjalankan digital marketing untuk bisnis Anda. Ya, karena pelanggan Anda sedang online.

Untuk membuat pelanggan Anda mengetahui bahwa brand Anda ada secara online maupun offline, Anda dapat meningkatkan branding dan membangun social media presence yang kuat di platform media sosial. Karena hari ini tidak ada yang tidak menggunakan media sosial. Jadi, jika calon pelanggan tidak dapat menemukan Anda secara online, mereka mungkin menyimpulkan bahwa bisnis Anda tampaknya tidak terpercaya. Akibatnya pelanggan tidak melihat bisnis Anda dan mereka akan segera menuju ke pesaing Anda yang terlebih dulu memasarkan bisnisnya secara digital.

Baca Juga :   7 Faktor yang Mempengaruhi Harga Custom Website

Baca juga: 7 Tips Branding Untuk Perkuat Merek Bisnis Anda

2. Agar Tidak Tertinggal Oleh Kompetitor atau Pesaing Anda

Alasan menjalankan digital marketing hari ini adalah agar tidak tertinggal oleh pesaing bisnis Anda untuk merebut hati konsumen. Ketika para pesaing Anda sudah menggunakan digital marketing, maka Anda juga harus menggunakannya. Bayangkan, bagaimana bisnis Anda, produk Anda, brand Anda akan dikenal oleh konsumen jika Anda tidak hadir secara digital. Sedangkan kompetitor di ceruk pasar Anda sudah melakukan digitalisasi bisnis mereka. Bukankah Anda akan tertinggal?

Agar penggunaan digital marketing pada bisnis Anda sukses, Anda perlu memperhatikan apa yang dilakukan pesaing Anda dan belajar darinya. Jangan menganggap pesaing Anda sebagai seseorang yang harus dikalahkan, tetapi jadikanlah mereka sebagai orang yang memiliki sesuatu untuk diajarkan kepada Anda. Dengan begitu, Anda dapat menemukan hal baru yang belum mereka lakukan untuk bisnis mereka, namun Anda mampu melakukannya untuk bisnis Anda. Sehingga Anda menjadi tidak tertinggal oleh pesaing bisnis Anda dalam mencuri hati konsumen.

Cara yang bagus untuk mengetahui apa yang dilakukan pesaing Anda adalah dengan melakukan penelitian. Ketika Anda melihat apa yang dilakukan pesaing Anda secara online, Anda akan mendapatkan gambaran tentang apa yang berhasil dan tidak. Seperti penggunaan website bisnis, bagaimana konten marketing yang mereka buat begitu disukai oleh audiens, platform marketing apa saja yang mereka gunakan, kata kunci apa yang mereka gunakan, apakah mereka menggunakan influencer marketing untuk mendapatkan traffic, bagaimana cara mereka berkomunikasi dengan audiens, apa yang membuat mereka unik, serta produk unggulan mereka. Segalanya tentang mereka dapat Anda riset untuk Anda pelajari sebagai penentu strategi digital marketing yang akan Anda gunakan. 

Baca Juga :   Apakah Advertising dan Marketing 2 Hal yang Berbeda?

Baca juga: Mengapa Menggunakan Digital Marketing Agency Lebih Menguntungkan Daripada Hire Karyawan Sendiri?

3. Dapat Diakses oleh Pelanggan Anda

Seperti pada penjelasan nomor 1, bisnis Anda harus hadir di tempat pelanggan Anda online. Produk atau layanan apa pun yang dicari oleh audiens, mereka akan memulai pencarian mereka dengan melalui media online seperti Google. Jika Anda tidak memiliki kehadiran online, maka Anda tidak akan ditemukan dan Anda tidak dapat bersaing dengan pesaing Anda yang telah lebih dulu online.

Jika Anda sudah memiliki kehadiran online, tetapi pesaing Anda lebih mudah ditemukan karena peringkat mereka lebih tinggi dalam pencarian daripada bisnis Anda, mungkin bisnis Anda masih belum ditemukan. Bagaimana caranya agar audiens dapat dengan mudah menemukan dan mengakses bisnis Anda? Inilah pentingnya membuat website bagi bisnis Anda. Selain untuk memudahkan audiens melihat produk yang Anda jual, mereka juga akan mudah menemukan Anda di mesin pencari. Selain itu, kehadiran website bisnis juga akan membangun tingkat kepercayaan audiens terhadap bisnis Anda. 

Seiring dengan proses membangun situs web, Anda dapat mempelajari cara kerja Search Engine Optimization (SEO) dan mengetahui bagaimana SEO akan membantu Anda mengungguli pesaing, dengan menjadi peringkat teratas yang ditemukan di mesin pencarian Google saat audiens memasukan kata kunci tertentu.

Kata kunci sangat penting bagi bisnis Anda, karena kata kunci yang membuat bisnis Anda mudah ditemukan oleh audiens. Jadi pastikan Anda memahami kata kunci terbaik dan relevan untuk bisnis Anda. Gunakan Keyword Planner dari Google Ads atau Semrush untuk memandu Anda melakukan penelitian kata kunci yang relevan untuk bisnis Anda. 

Baca juga: 8 Strategi yang Dilakukan Digital Marketing Agency untuk Membuat Bisnis Anda Berkembang

Baca Juga :   Kenali Pentingnya Strategi Branding Untuk Strategi Bisnis Anda yang Sukses

Jadi, Bagaimana Mengoptimalkan Digital Marketing Anda?

Banyak perusahaan bisnis yang menggunakan media digital secara efektif dan mereka pasti telah mendapatkan hasil yang bagus dari pencarian, email, atau pemasaran media sosial mereka. Tapi tidak ada kata terlambat bagi Anda yang baru ingin memulai bisnis dengan digital marketing. Anda dapat mencari tahu strategi marketing yang tepat untuk bisnis Anda, atau dapat memulai dari lingkup yang kecil seperti mencari tahu strategi social media marketing untuk bisnis Anda. Dengan begitu, Anda akan menyadari tentang alasan menjalankan digital marketing untuk bisnis Anda saat ini.

Bagi Anda yang masih awam tentang dunia digital marketing, atau tidak memiliki tim marketing yang memiliki skill digital marketing, atau bagi Anda yang tidak mau pusing tentang digital marketing tapi ingin mengoptimasi bisnisnya secara digital, tenang. Anda masih dapat merasakan manfaat dari alasan menjalankan digital marketing untuk bisnis Anda. Anda dapat menggunakan jasa digital marketing agency dari DIFITECH. Kami memiliki solusi pemasaran khusus untuk mendukung bisnis besar maupun kecil, dalam mengoptimalkan strategi digital marketing untuk bisnis Anda. Jasa digital marketing agency, kami mendukung Anda dan tim bisnis Anda untuk merencanakan, mengelola, dan secara efektif mengoptimalkan tugas marketing menuju target bisnis Anda secara digital. Kembangkan potensi bisnis Anda secara digital, sekarang juga!

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Social Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?