7 Dasar Marketing yang Wajib Anda Ketahui!

Mungkin Anda berpikiran bahwasannya marketing ya hanya memasarkan produk ke orang-orang. Sebenarnya, konsep dari pemasaran sendiri sangatlah luas dan memiliki dasar marketing. Sudahkah Anda mengetahui hal tersebut?

Berikut ini penjelasna lengkap mengenai dasar-dasar marketing yang harus dimiliki sebagian besar orang menurut Digital Marketing Agency. Simak informasi di bawah ini secara seksama!

Sikap Utama Seorang Penjual

Penjual atau marketer mempunyai sikap utama. Sikap utama tersebut harus dipenuhi selama bergelut pada bidang pemasaran. Kira-kira, apakah Anda sudah mengetahui sikap utama seorang penjual? Berikut ini informasi lengkapnya!

Jadi, sikap utama yang harus dimiliki oleh seorang penjual adalah jangan pernah berhenti belajar dan mengumpulkan berbagai macam informasi. Mengingat bahwasannya kondisi pasar selalu berkembang.

Biasanya, apa saja yang terus berkembang? Diantaranya sebagai berikut:

  • Demografi konsumen: Usia dari konsumen akan bertambah setiap waktunya, tentunya akan berpengaruh terhadap sasaran demografi pasar. Anda harus tahu bahwasannya generasi muda mempunyai concern yang berbeda dengan generasi tua. Maka dari itu, Anda harus mengetahui pendapatnya.
  • Teknologi: Sebagai seorang digital marketer Anda wajib mengetahui fenomena-fenomena yang ada. Salah satu fenomena terpenting adalah perkembangan sosial media sebagai wadah mempromosikan produk-produk yang Anda jual.
  • Pergeseran budaya: Anda harus tahu bahwasannya kondisi dari sosial maupun politik berpengaruh terhadap pembelian produk. Bisa jadi, Anda mendapatkan dampak positif maupun dampak negatif dari kondisi sosial maupun politik terhadap penjualan.

7 P yang Harus Diperhatikan dalam Dasar Marketing

7 P Dasar Marketing

Jika terdahulu terdapat 4 P, maka sekarang menjadi 7 P. Anda harus mengakselerasi hal tersebut sesuai kemampuan masing-masing. Berikut ini penjelasan lengkapnya!

Product

Anda harus menanyakan pada diri sendiri, apa produk yang Anda jual? Selain itu, Anda bisa menanyakan perihal bagaimana cara Anda dalam mengemas produk yang dijual?

Pada umumnya, seorang penjual atau digital marketer memiliki kemampuan yang familiar dengan berbagai macam fitur, spesifikasi, fungsi, maupun goals usaha.

Baca Juga :   5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Iklan

Price

Price - Dasar Marketing

Anda harus melakukan riset pasar untuk mengetahui harga pasar. Sebelum Anda menemui beberapa singgungan dari calon konsumen yang suka membandingkan harga satu sama lain. Padahal konsumen kurang mengetahui price to perfomance product.

Ketika Anda berhasil melakukan riset harga, maka pembeli akan menilai value Anda. Apabila Anda berhasil menemukan harga produk yang kompetitif, orang akan mau kembali lagi membeli produk Anda.

Place

Offline Store

Salah satu hal yang penting dalam menjalankan suatu usaha adalah place atau tempatDasar marketing ini perlu diperhatikan secara mendetail, Anda pilih offline atau online. 

Dari dasar marketing ini, Anda harus memperhatikan kondisi produk. Apakah produk Anda bisa dijangkau oleh banyak orang?

Promotion

Perkembangan teknologi semakin berkembang dengan pesat. Maka dari itu, Anda memerlukan promosi produk agar usaha laku di pasaran, namun dengan memanfaatkan teknologi.

Anda bisa melakukan promosi pada beberapa platform seperti sosial media Instagram, Facebook, maupun Twitter. Selain itu, saat mempromosikan produk Anda harus membuat konten soft selling. Jika Anda belum mampu membuat konten, gunakan saja jasa digital marketing.

People

Kalau ingin membangun tim usaha, Anda harus memilih kadindat-kadindat yang kuat. Anda bisa membicarakannya dengan tim marketing saat ini.

Setidaknya ketika tim marketing memiliki visi – misi yang sama, Anda bisa membuat usaha yang kuat dan tidak mudah putus asa. Apalagi saat ini banyak sekali tuntutan menjadi digital marketer, apabila Anda tidak memiliki tim Anda bisa menggunakan jasa digital marketing Difitech.

Process

Salah satu dasar marketing yang perlu Anda terapkan adalah process. Anda bisa menyampaikan produk-produk ke masyarakat luas secara efektif dan efisien.

Kunci utama dalam process sendiri adalah kejujuran dan kecerdasan seorang PR (public relation). Selama menjalankan dasar marketing process Anda harus memiliki beberapa rencana cadangan.

Baca Juga :   Menyusun Konten yang Efektif dengan Pendekatan Formula AIDA untuk Menarik Banyak Perhatian

Physical Evidence

Membahas perihal ekosistem marketing, Anda ada baiknya menggunakan dua opsi dalam place diantaranya yaitu offline store dan online store. Jika tidak memiliki banyak uang untuk offline store, maka gunakan saja online store.

Namun, ketika Anda menggunakan online store pastikan untuk mengupload beberapa bukti ataupun testimonial. Selain itu, Anda bisa membuat website toko usahamu. Jika tidak ada tim pembuatan website toko, bisa gunakan jasa pembuatan website.

Dengan adanya testimonial, bukti dari orang-orang, dan website, maka usaha Anda jauh dipercaya oleh orang-orang.

Ketika membuat website, kira-kira konten apa yang perlu mengisi website? Anda bisa mengisinya dengan konten soft selling produk, tips & trick, dan fenomena produk saat ini.

Dari beberapa dasar marketing yang telah disebutkan, apakah Anda menguasai sepenuhnya? Jika belum menguasaianya Anda bisa belajar menjadi digital marketer yang serba bisa.

Jangan sampai Anda ketinggalan zaman pada dunia marketing karena malas belajar mengenai konsep-konsep digital marketing. Anda harus tahu alasan mengapa digital marketing itu penting agar lebih giat berusaha.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Social Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?