5+ Platform Media Sosial untuk Usaha Jadi Semakin Cuan!

Platform Media Sosial untuk Usaha Jadi Semakin Cuan

Platform Media Sosial untuk Usaha Jadi Semakin Cuan. Penggunaan platform media sosial adalah salah satu kunci keberhasilan dalam sebuah bisnis. Menurut data yang dari Tim Difitech lakukan, sebanyak $2,9 triliun penjualan dari platform Media Sosial melalui pada tahun 2026 akan terus meningkat.

Hal ini memperkuat alasan pentingnya kehadiran platform media sosial pada dunia bisnis, yakni untuk memperluas jangkauan, promosi produk, membangun brand awareness, hingga meningkatkan penjualan produk.

Kok Bisa begitu..

Karena manfaat platform media sosial pada bisnis cukup besar, kamu perlu mengerti apa saja platform sosial media yang dapat digunakan. Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas apa saja platform tersebut, langsung saja simak yuk!

Jadi, Mau Pilih Platform Media Sosial yang Mana?

1# Instagram

Instagram adalah tempat berbagi unggahan foto dan video kepada para pengikut atau followers kita di Instagram.

Kamu dapat membuat akun Instagram bisnis dan memanjakan audiens dengan konten-konten seperti foto atau video yang dapat kita sinergikan dengan kata-kata yang mendukung unggahan tersebut.

Tidak hanya itu, kamu juga bisa membuat konten promosi bisnis yang menarik dan kreatif. Namun, jangan lupa untuk menggunakan tagar, dengan cara kerja yang mirip seperti tagar akan membuat kita meraih semakin banyak pengikut.

2# TikTok

TikTok jadi salah satu media sosial yang sedang hits di kalangan anak muda Indonesia. Tidak hanya dijadikan sebagai tempat untuk berbagai video, TikTok juga bisa digunakan untuk mempromosikan bisnis yang dimiliki. Bahkan sudah banyak brand-brand ternama yang mulai memanfaatkan aplikasi ini untuk memasarkan produknya melalui TikTok shop.

Sebagai informasi, pemasaran brand yang digunakan di TikTok bisa memanfaatkan fitur live, video singkat TikTok, TikTok Shop, dan lain sebagainya. Hingga kini, aplikasi memiliki 625 juta pengguna aktif di seluruh dunia.

Baca Juga :   Penjelasan dan Tips dalam Membuat Call to Action (CTA)

3# Facebook

Facebook adalah tempat membagikan bermacam hal tentang kehidupan, tautan berita, foto, dan video. Optimalkan Facebook sebagai tempat berinteraksi dengan para pelanggan. Facebook juga memungkinkan kita untuk membuat “Facebook Fanpage” yang biasanya tempat untuk berbagi segala hal yang berkaitan dengan bisnis.

Sebenarnya banyak orang yang beranggapan bahwa Facebook Fanpage lebih dikhususkan untuk membangun citra suatu perusahaan dibandingkan citra dari produk atau jasa yang dihasilkan, namun pendapat ini sedikit rungkad dengan hadirnya Facebook Ads.

Dengan Facebook Ads, kamu dapat dengan mudah membuat iklan di Facebook secara mudah, mempromosikan produk atau jasa, dan menjangkau target pasar yang tepat berdasarkan usia, demografis, dan kriteria lainnya, memastikan iklan yang efektif dan efisien.

4# Twitter

Twitter adalah salah satu platform media sosial yang sangat terbuka, layaknya sebuah blog namun terbatas hanya 140 karakter. Walaupun utamanya postingan di Twitter berupa teks, namun tidak menutup kemungkinan untuk membagikan foto dan video.

Kelebihan dari Twitter adalah kamu dapat berinteraksi secara langsung dengan pengguna lainnya, dan dapat menautkan setiap postingan dengan platform media sosial lain yang berkaitan dengan bisnis kamu

Menariknya lagi, Twitter juga memiliki Twitter Ads yang dapat digunakan untuk memperluas jangkauan bisnis, mengarahkan lalu lintas situs ke web, dan berbagai manfaat lain.

Maka dari itu penting untuk menghasilkan konten yang berkualitas untuk membantu mendukung Twitter Ads kamu yakni, buat tagar yang menarik, caption yang sederhana namun mengundang rasa penasaran orang. Hal ini akan sangat berguna apabila dijadikan acuan dalam mengembangkan konten marketing kita di Twitter.

5# YouTube

Youtube adalah platform khusus untuk berbagi video. Youtube sangat menarik, jika digunakan sebagai tambahan untuk memperkenalkan tentang bisnis dan produk/layanan, ceritakan tentang kelebihan bisnis dan produk/layanan tersebut.

Baca Juga :   Strategi Content Marketing Bisnis B2B Supaya Brand Bisnis Kamu Tepat Sasaran

Oleh karena itu, kamu bisa membuat channel Youtube bisnis kemudian buat konten yang menarik, gunakan tagar untuk menjangkau lebih banyak lagi pelanggan dan memperluas pangsa pasar. Simak pula panduan dan tips membuat vlog untuk pemula.

6# WhatsApp

WhatsApp juga termasuk aplikasi yang pada umumnya digunakan untuk berkomunikasi dengan kerabat, keluarga, teman, dan lain sebagainya. Namun selain menjadi aplikasi untuk mengirim pesan, WhatsApp juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat memasarkan produk.

Salah satu fitur pada WhatsApp yang berguna untuk mempromosikan suatu brand, kamu bisa menggunakan WhatsApp Bisnis. Fitur ini memang diperuntukkan sebagai tempat untuk menunjang kebutuhan komunikasi dan pemasaran pemilik bisnis.

Penutup

Sekarang kamu sudah tahu kan apa saja platform media sosial yang bisa digunakan untuk bisnis, jadi mau pilih yang mana? Pastikan ketika hendak memilih platform media sosial, sesuaikan dengan tujuan usaha, target audiens, dan berbagai faktor lainnya. Karena tiap platform memiliki ciri khas-nya tersendiri.

Untuk mendapatkan konten menarik lainnya seputar bisnis, media sosial, atau topik lain, jangan ragu untuk kunjungi blog Difitech atau sosial media kami seperti di Instagram maupun Facebook agar tak ketinggalan!

Atau jika kamu membutuhkan konsultasi untuk memasarkan usaha kamu, Difitech sebagai Digital Marketing Agency & IT Solution juga Menyediakan layanan jasa digital marketing dan solusi IT. Berpengalaman dengan berbagai perusahaan skala kecil hingga besar Nasional maupun Internasional. Tingkatkan Omset Bisnis Kamu Bersama Kami!

 

 

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Social Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?