5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Iklan

hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan

Seringkali pebisnis menganggap bahwa iklan yang bagus dibuat dengan anggaran yang besar dan iklan yang paling efektif adalah iklan yang mengikuti konten viral. Padahal, tidak semua komponen iklan harus seperti itu. Iklan yang bagus adalah iklan yang dapat menarik perhatian konsumen, hingga membuat mereka berhenti dan membaca isi iklan tersebut. Jadi tidak semua iklan harus ramai dan trendi agar dianggap bagus. Lantas apa saja hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan agar iklan dianggap bagus dan menarik?

Apa yang Membuat Iklan Menjadi Bagus?

hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan adalah konsumen. Mengapa? Karena iklan yang bagus akan mudah mendapat klik dari konsumen dan konsumen yang mengklik iklan tersebut untuk dipelajari lebih lanjut, artinya mereka tertarik dengan penawaran yang Anda buat dalam iklan. 

Untuk membuat iklan menjadi bagus, Anda dapat menggunakan beberapa metode iklan yang dapat Anda gunakan sebagai konten iklan atau promosi. Metode tersebut adalah testimoni konsumen yang dapat menambah kepercayaan calon konsumen, rasa urgensi konsumen melalui pesan promosi terbatas agar konsumen lekas membeli produk, poin data penawaran yang dapat menarik hati konsumen untuk membeli, atau metode cerita menarik yang mengharukan yang dapat mempengaruhi emosional konsumen. 

Tidak perlu menggunakan semua metode di atas untuk menghasilkan iklan yang bagus. Anda dapat memilih satu hingga tiga metode tersebut dalam membuat konten iklan yang menarik bagi konsumen. Lantas bagaimana membuat iklan yang baik agar hasilnya memuaskan? Berikut ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan.

Hal-Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Iklan

hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan

Untuk membuat iklan yang baik, Anda dapat menggunakan cara berikut ini sebagai referensi menyempurnakan sentuhan akhir agar iklan Anda mendapat banyak atensi dari konsumen. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan:

Baca Juga :   Mengenal Micro Moment Marketing

1. Menggunakan Keyword Tertarget

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan yang pertama adalah bagaimana memahami keyword. Sudah sering sekali dibicarakan bahwa keyword merupakan poin penting dalam strategi digital marketing sebuah bisnis. Karena dengan penggunaan keyword, sebuah brand maupun produk dapat dengan mudah ditemukan oleh konsumennya. Keyword yang tertarget dalam iklan Anda dapat membantu memberikan peringkat tertinggi di halaman hasil pencarian atau SERP. 

Jika Anda ingin memasang iklan menggunakan Google Ads misalnya, dan Anda tidak menggunakan keyword apapun dalam iklan tersebut, maka iklan yang Anda jalankan di Google Ads menjadi sia-sia. Menggunakan bahasa yang ambigu dalam iklan dan tidak spesifik, tidak akan menghasilkan banyak traffic untuk bisnis Anda. Akibatnya iklan yang Anda jalankan juga tidak membantu konsumen mengetahui apa yang Anda jual.

2. Menawarkan Solusi Untuk Permasalahan Audiens Anda

Konsumen mencari sebuah produk untuk membantu mereka menyelesaikan masalahnya. Seperti misalnya, Budi mencari jas hujan ketika sudah memasuki musim penghujan agar tidak kehujanan di jalan. 

Permasalahan Budi adalah butuh pelindung diri agar tidak kehujanan, dan solusi Anda adalah dengan menawarkan jas hujan berbahan PVC yang lebih kedap air dibanding yang berbahan plastik maupun yang berbahan parasut. 

Iklan tersebut akan menjadi efektif karena Budi menjadi tahu bahan jas hujan itu yang dia butuhkan dan Budi akan tertarik dengan iklan tersebut. Sehingga dengan mengklik iklan tersebut, konsumen dapat melihat setiap isi iklan yang ditawarkan seperti bahan, model, harga, kelebihan produk, bahkan beberapa promo menarik jika melakukan pembelian langsung saat itu juga.

3. Mengajukan Pertanyaan yang Ditutup dengan CTA

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan selanjutnya adalah penggunaan CTA. Mengajukan pertanyaan untuk konsumen dalam membuat konten iklan juga dapat mempengaruhi konsumen untuk mengklik iklan Anda. Anda dapat memberikan pertanyaan yang menjadi kekhawatiran konsumen akan permasalahan yang mereka alami. 

Baca Juga :   Algoritma Instagram 2022 yang Wajib Diketahui

Misalnya, Anda menjual produk jas hujan dan Anda dapat melempar pertanyaan seperti ini,

Bagaimana cara memilih jas hujan yang tahan air?

dan Anda dapat membuat CTA menarik agar konsumen tertarik untuk mengklik iklan tersebut, seperti,

Bagaimana cara memilih jas hujan yang tahan air?

Cari tahu jawabannya sekarang!

Dalam kalimat CTA tersebut, Anda dapat mengarahkannya ke produk jas hujan yang Anda jual dengan menampilkan kelebihan produk seperti jas hujan berbahan PVC anti tembus air hujan. 

Dengan pertanyaan dan CTA tersebut, konsumen dapat merasa minat dan relate dengan permasalahan yang konsumen alami. Akhirnya konsumen akan mengklik iklan tersebut dan membelinya sebagai tindakan closing.

4. Menyertakan  Testimoni Konsumen atau Pelanggan

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan yang selanjutnya ini, sangat dibutuhkan. Di era digital ini, konsumen sudah pintar dalam berbelanja. Mereka akan mencari review dan informasi detail, sebelum memutuskan untuk membeli sebuah produk. Inilah yang dapat Anda manfaatkan untuk membangun kepercayaan konsumen, melalui testimoni pelanggan atau konsumen yang pernah membeli produk Anda sebelumnya.

Dengan membagikan testimoni pelanggan mengenai produk yang Anda tawarkan, Anda dapat membantu konsumen untuk membuat keputusan yang lebih tepat. Selain itu, dengan membagikan testimoni artinya bisnis Anda telah memiliki reputasi baik dalam memberikan pengalaman pelanggan yang terbaik.

hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan

5. Membangkitkan Rasa Urgensi Konsumen

Hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan adalah memperhatikan urgensi konsumen. Pernahkah saat melihat iklan promosi dengan tenggat waktu tertentu membuat Anda menjadi fomo dan ingin melakukan pembelian agar tidak menyesal dikemudian hari? Itulah yang disebut membangkitkan urgensi konsumen dalam iklan. Iklan yang mengandung urgensi dapat membuat prioritas konsumen berubah, dari yang tadinya belum ingin membeli menjadi harus segera membeli. 

Baca Juga :   Ingin penjualan Berhasil? Hindari 6 Kesalahan Email Sales ini!

Untuk menciptakan urgensi dalam iklan Anda, Anda dapat mempertimbangkan dengan penggunaan bahasa yang mengajak bertindak seperti “Terbatas”, “Temukan”, “Sekarang Juga”, dan lainnya. Berikan konsumen alasan kenapa mereka harus membeli produk Anda sekarang juga. Kalimat berisi ajakan ini dapat membuat konsumen mempercepat keputusan mereka untuk membeli produk. 

Ketika Anda merencanakan strategi periklanan, hal-hal yang harus diperhatikan dalam membuat iklan ke-5 poin tersebut penting untuk Anda coba. Ingat bahwa dalam membuat iklan yang efektif Anda harus memposisikan diri sebagai audiens atau konsumen. Fokus bagaimana caranya agar konsumen atau audiens yang melihat menjadi tertarik saat melihat iklan Anda.

Dengan begitu, Anda dapat membuat iklan yang menarik yang akan membuat orang mengklik iklan yang Anda tawarkan dan mengubah audiens menjadi konsumen bahkan pelanggan. Sehingga akan membantu meningkatkan visibilitas produk Anda dan konversi penjualan yang juga meningkat. Anda dapat membuat dan mengolah iklan dengan bantuan jasa digital marketing profesional. Bukan hanya layanan optimasi iklan, Anda juga dapat memesan pembuatan website hingga video marketing.  

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Social Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?