10 Ide Konten Promosi Instagram Untuk Bisnis Online

10 Ide Konten Promosi Instagram Untuk Bisnis Online

Membuat promosi di Instagram merupakan salah satu cara untuk meningkatkan visibilitas online bisnis Anda. Strategi promosi yang tepat juga dapat membantu Anda meningkatkan angka penjualan dan keterlibatan Anda dengan audiens. Untuk merasakan manfaat tersebut diperlukan konten promosi Instagram yang selaras dengan tujuan bisnis dan target audiens Anda.Berikut ini merupakan (angka) ide konten promosi Instagram yang dapat Anda coba untuk meningkatkan jumlah pengikut dan angka penjualan Anda.

Bagaimana Membuat Konten Promosi Instagram?

konten promosi instagram

1. Memanfaatkan Boost Post

Menggunakan Boost Post di Instagram akan membuat konten Anda menjadi iklan berbayar. Saat menggunakan Boost Post juga, Instagram akan membantu Anda menjangkau target audiens, meningkatkan konversi dan juga jangkauan akun Instagram Anda melalui postingan yang di Boost Post. 

2. Mengadakan Giveaway

Membuat konten berhadiah seperti Giveaway merupakan salah satu ide konten promosi Instagram dengan cara yang halus. Giveaway dapat meningkatkan keterlibatan audiens dengan akun Anda, sehingga dapat membantu Anda menarik minat audiens untuk berinteraksi dengan Anda. 

Untuk menjalankan Giveaway yang sukses, Anda dapat memilih tujuan diadakannya Giveaway. Apakah untuk menarik pengikut baru atau untuk meningkatkan visibilitas merek bisnis Anda. Kemudian tentukan hadiah yang akan menarik perhatian audiens. Dan terakhir putuskan bagaimana Anda menjalankan Giveaway tersebut, apakah harus menyukai beberapa postingan Anda agar menang atau harus mengikuti akun Instagram bisnis Anda. 

3. Memberikan Kupon atau Diskon

Tidak ada seorang pun yang tidak menyukai diskon atau potongan harga. Dengan promo diskon yang diberikan, audiens mendapat kesempatan untuk menghemat uangnya secara ekstra. Inilah yang dapat Anda manfaatkan menjadi ide konten promosi Instagram.

Anda dapat memberikan diskon atau kupon eksklusif kepada pengikut setia Anda di Instagram dengan cara yang unik. Sehingga dapat menarik minat dan perhatian audiens untuk tertarik dengan konten promosi Instagram Anda.

Baca Juga :   Bagaimana Digital Agency Dapat Merubah Bisnis Anda?

Jenis diskon yang dapat Anda berikan dapat berupa potongan harga dengan batas waktu tertentu, memberikan kode unik untuk promo diskon dengan jumlah pengguna yang terbatas, dan lain sebagainya. Jadikan konten diskon ini sebagai konten eksklusif yang hanya didapat ketika menjadi pelanggan dan pengikut setia Anda di Instagram.

4. Promosi Lintas Platform

Promosi lintas platform ini merupakan upaya promosi yang dibuat bukan hanya di lingkup Instagram, tapi juga memanfaatkan platform lain seperti website atau email. Seperti misalnya, Anda membuat konten promosi Instagram yang ditautkan langsung ke halaman website Anda untuk informasi lebih jelasnya. 

Promosi lintas ini dapat memberitahukan kepada audiens bahwa channel marketing Anda tidak hanya terbatas pada platform Instagram saja, melainkan juga yang lainnya. Sehingga kepercayaan audiens terhadap brand Anda juga semakin meningkat. Selain itu, Anda juga memiliki peluang untuk menjangkau audiens baru di berbagai lingkungan marketing yang berbeda selain di Instagram. 

konten promosi instagram

5. Membagikan Kembali atau Repost Konten Buatan Pengguna

Terkadang, audiens membagikan pengalaman belanja mereka melalui media sosial seperti Instagram. Selain itu tidak jarang pula mereka men-tag akun Instagram Anda sebagai informasi bahwa pelanggan tersebut memberikan opini terkait produk apa. Lantas langkah terbaik apa yang harus Anda jalankan ketika seperti ini? Jawabannya adalah repost. Ya benar, me-repost konten yang dibuat audiens merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan upaya promosi Anda di Instagram. 

Me-repost konten yang dibuat audiens juga dapat membangun bukti sosial dan kredibilitas merek bisnis Anda. Sehingga pengguna yang Anda repost dan pengguna lainnya menjadi senang dengan cara Anda membangun interaksi dengan audiens. Selain itu, audiens juga akan memiliki pengalaman belanja yang menyenangkan. 

Baca Juga :   5 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Membuat Iklan

6. Kolaborasi dengan Brand Lain

Selain audiens yang dapat Anda ajak untuk berkolaborasi dengan konten Giveaway maupun konten repost, berkolaborasi dengan brand lain yang memiliki niche sejenis juga dapat menjadi ide konten promosi Instagram yang menarik. Kolaborasi brand melibatkan dua perusahaan yang bersatu untuk memberikan manfaat baru bagi target audiens mereka. Seperti kolaborasi antara Tokopedia dan Gojek yang memberikan kemudahan berbelanja di Tokopedia menggunakan Gopay milik Gojek. 

konten promosi instagram

7. Memperkenalkan Audiens Tentang Produk Baru

Ketika Anda berencana untuk meluncurkan produk baru, manfaatkanlah momen ini untuk memperkenalkannya kepada audiens bahkan jauh hari sebelum produk tersebut dijual. Misalnya, Anda sudah memberi hint khusus mengenai produk baru yang akan ditawarkan dan biarkan audiens Anda menebak jenis produk baru tersebut. Dengan begitu, audiens akan penasaran dan menantikan produk tersebut, dengan rajin memantau akun Instagram Anda.

8. Mengajukan Pertanyaan

Cara lain untuk membangun interaksi organik antara Anda dan pengikut adalah dengan membuat konten pertanyaan. Anda dapat mengajukan beberapa pertanyaan terkait bisnis atau produk Anda dan biarkan pengikut atau audiens yang menjawab pertanyaan tersebut. Selain itu, Anda juga dapat bertanya mengenai pendapat mereka terhadap produk atau layanan yang bisnis Anda tawarkan. Dengan begitu, Anda menciptakan inspirasi bagi audiens untuk berinteraksi lebih sering dengan akun Anda. 

9. Mengikuti Tren

Akhir-akhir ini penggunaan fitur baru Instagram yakni Reels menunjukkan daya tarik yang lebih menjanjikan daripada konten yang biasanya. Maka bukan tidak mungkin Anda mengabaikannya dan tidak mencoba menggunakan Reels, disaat seluruh pengguna Instagram mencoba menggunakannya. Dengan memanfaatkan Reels, Anda dapat melihat trend harian atau mingguan yang sedang diminati oleh audiens Anda. 

Baca Juga :   Pengertian Content Marketing dan Strategi Menjalankannya

10. Penggunaan Meme yang Relevan

Penggunaan meme sebagai konten promosi Instagram akhir-akhir ini juga sedang diminati terutama audiens yang berumur remaja. Dengan meme, pesan yang tersirat lebih mudah tersampaikan dalam bentuk humor yang ringan. Inilah alasan konten meme selalu disukai oleh audiens. Namun yang perlu diingat bahwa, penggunaan meme yang tidak tepat dan tidak relevan dapat menjadi canggung bagi audiens yang membacanya. Untuk itu, pilih atau buat meme yang berhubungan dengan audiens atau bisnis Anda.

Temukan Metode Baru Untuk Membuat Konten Promosi Instagram

Dari kesepuluh ide konten promosi Instagram di atas, manakah yang menjadi favorit Anda untuk dicoba? Atau, apakah Anda memiliki ide konten promosi Instagram yang lainnya, yang tidak disebutkan dalam poin tersebut?

Ya sebenarnya terdapat banyak cara untuk mempromosikan akun Instagram bisnis Anda. Namun kesepuluh ide tersebut merupakan jenis konten populer yang biasa digunakan pebisnis untuk mempromosikan akun maupun bisnis mereka.  Dengan menggunakan beberapa ide konten tersebut, Anda dapat menghasilkan keterlibatan, audiens baru, bahkan mendorong angka penjualan bisnis Anda. Pastikan juga Anda memperhatikan analitik marketing Anda untuk menentukan upaya pemasaran yang mana yang memiliki hasil terbaik. Pastikan juga Anda menghasilkan konten Instagram yang organik untuk mendukung tujuan bisnis Anda.

Facebook
Twitter
LinkedIn
WhatsApp
DIFITECH

Saat ini kami memiliki layanan untuk setiap bisnis yang ingin mengembangkan bisnis mereka dari Design dan Digital Dengan tim yang lengkap ,dapat memberikan setiap solusi untuk keperluan bisnis anda.

Social Media
Send
Apa ada yang bisa kami bantu?
Apa ada yang bisa kami bantu?